Di Paripurna, DPRD Palopo Apresiasi Pemkot Palopo dengan Capaian WTP

PALOPO171 views

TABLOIDSAR – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Palopo melalui paripurna menetapkan rekomendasi atas pembahasan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK-RI terhadap keuangan Pemkot Palopo tahun anggaran (TA) 2022. Rapat paripurna tersebut digelar, Rabu, (14/6/2023).

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Palopo, Hj Nurhaenih itu, 5 fraksi di DPRD yakni, Fraksi PDIP, Fraksi Nasdem, Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, dan Fraksi Gerindra menyetujui hasil pembahasan LHP-BPK Palopo 2022 di tingkat Badan Anggaran (Banggar) DPRD berdasarkan rekomendasi yang diberikan tiap-tiap fraksi.

Jurubicara Banggar, Muh Mahdi, menyampaikan apresiasi kepada Walikota Palopo, Drs HM Judas Amir MH, atas capaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI selama 8 tahun berturut-turut.

Iapun berharap, prestasi itu tetap dipertahankan ke depan. Lanjut dikatakan politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Palopo ini, LHP-BPK memberikan informasi lengkap atas kinerja pemerintahan selama satu tahun.

“Banggar dan Tim Asistensi Pemerintah Daerah (TAPD) Palopo sebelumnya telah melaksanakan pembahasan secara bersama untuk menindaklanjuti petunjuk BPK terkait penyajian laporan keuangan, pendapatan, belanja daerah, dan aset, di mana seluruh rekomendasi yang dikeluarkan BPK soal pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan telah dipenuhi Pemkot Palopo,” Tutur Mahdi.

Sementara itu, Pemkot Palopo melalui Asisten II Ilham Hamid, yang hadir mewakili Walikota mengucapkan terima kasih atas dukungan DPRD sehingga Pemkot Palopo kembali mengukir opini WTP ke-8 dari BPK-RI.

Ilham Hamid menyebutkan Palopo di era pemerintahan HM Judas Amir sebagai Walikota pertama kali menerima opini WTP di tahun 2015.

“Perlu kami sampaikan di TA 2022, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Palopo Rp988,19 miliar, dari target Rp1,03 triliun atau dengan prosentase 95,44%,” Beberapa ilham Hamid.

Adapun belanja daerah yang terealisasi Rp1,01 triliun atau 94,24% dari alokasi anggaran yang tersedia. Untuk penerimaan pembiayaan terealisasi Rp44,99 miliar dari rencana penerimaan pembiayaan Rp45,00 miliar, dan pengeluaran pembiayaan Rp2,94 miliar dari alokasi anggaran pengeluaran pembiayaan Rp2,94 miliar.

Kata Ilham Hamid, kedepannya Pemkot Palopo akan terus berupaya agar di tahun-tahun berikutnya, WTP tetap dapat dipertahankan. (***)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *