Pemkab Luwu Rampungkan Program Peningkatan Kapasitas Sejumlah Ruas Jalan

News1,158 views

*) Usdin Iskandar : Kita Alokasikan Secara Adil Pada Setiap Dapil

KENDATI peradaban umat manusia masih saja diwarnai dengan fenomena pandemi Covid-19, saat ini juga sedang melanda Indonesia. Akan tetapi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, Sulawesi Selatan tidak menyurutkan langkah kebijakannya untuk terus mendorong kemajuan pembangunan infrastruktur jalan, salah satunya dalam bentuk program rehabilitasi pada sejumlah ruas jalan.
Sedangkan melalui Tahun Anggaran (TA) 2021 ini,  Pemkab Luwu telah merampungkan sejumlah pelaksanaan program rehabilitasi jalan, baik dalam bentuk kegiatan sejumlah paket proyek pengaspalan maupun dalam bentuk kegiatan pembangunan rabat beton.
Untuk TA 2021 ini, Pemkab Luwu telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan sejumlah paket proyek pengaspalan dan rabat beton kurang lebih senilai Rp. 47,068 miliar. Hal tersebut dikemukakan oleh Plt Kadis PU-PR Kabupaten Luwu, Ir.Ikhsan Asaad, ST.MT di ruang kerjanya pada Selasa (14/12-2021).
Menurutnya, bahwa anggaran kurang lebih sebesar ini adalah bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Insentif Daerah (DID) serta Dana Alokasi Umum (DAU) APBN TA 2021 ini.
“Alhamdulillah, kesemua paket proyek pengaspalan dan rabat beton pada sejumlah ruas jalan tersebut telah sebagian besar rampung seratus persen,” terang Ikhsan.
Ruas jalan Lindajang – Salu Bua pada Dapil II telah dirampungkan pelaksanaan pengaspalannya.

Hal senada juga dikemukakan oleh Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PU-PR Kabupaten Luwu, Usdin Iskandar ST. Lanjut ia menyampaikan, bahwa untuk program peningkatan kapasitas infrastruktur jalan, maka kita alokasikan secara adil pada setiap Dapil.

“Jadi tidak ada kegiatan progran rehabilitasi jalan dalam bentuk pelaksanaan paket pengaspalan dan pembangunan rabat yang tidak dialokasikan pada setiap Dapil pada tahun 2021 ini,” ucapnya.
Sebab hal itu, tutur Usdin, sudah menjadi arah kebijakan Opu Bupati (H Basmin Mattayang) agar tidak mendiskriminasi Dapil tertentu dalam setiap pelaksaan tahun anggaran terkait program pembangunan infrastuktur yang bersifat berkelanjutan dan tuntas.
“Hal itulah, maka kegiatan paket pengaspalan dan rabat beton ini, sehingga dilaksanakan menurut asas keadilan baik pada Dapil I dan Dapil II mapun pada Dapil III dan Dapil IV tersebut,” kata dia.
Ruas jalan Perekaju – Tampu Mia pada Dapil IV telah pula dirampungkan kegiatan pengaspalannya.
Menurutnya, bahwa terkait dengan sejumlah paket proyek pengaspalan dan rabat beton, dengan jumlah anggaran kurang lebih Rp. 47,068 miliar pada tahun 2021 ini, maka ditangani oleh dua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).
“Jadi kedua PPK tersebuat, yakni saya sendiri dan Cali (sapaan akrab Khaliq. M, ST),” ucap Usdin.
Tutur Usdin lebih lanjut, saya sendiri menangani kegiatan paket rehabilitasi jalan dalam bentuk paket pengaspalan dan rabat beton dengan anggaran kurang lebih senilai Rp 38,76 miliar dari jumlah anggaran kurang lebih Rp. 47,068. “Sedangkan sisanya ditangani Saudara Chali,” tukasnya.
Hal inilah, tambahnya, sudah merupakan komitmen Opu Bupati (H Basmin Mattayang) untuk terus meningkatkan kualitas infrastruktur jalan, kendati di tengah suasana fonemena pandemi Covid-19 yang masih saja melanda hingga sekarang ini.

 

“Tentunya sudah menjadi harapan Pemkab Luwu di bawah kepemimpinan Opu Bupti H Basmin Mattayang, atas selesainya kegiatan pengaspalan ini maka dapat pula memacu perputaran ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat hingga ke desa-desa,” pungkas Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PU-PR Kabupaten Luwu tersebut. (Infotorial/KS-Lw/Redaksi/T-SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *