Pemkab Luwu terus Akselerasi Program Pembangunan Infrastruktur Jalan

*) Chali : Pelaksanaan Pengaspalan Akan Segara Rampung 100%

 

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Luwu di bawah kepemimpinan Bupati H Basmin Mattayang, meskipun peradaban umat manusia masih saja dilanda dengan fenomena pandemi Covid-19. Akan tetapi turus mengakselerasi program pembangunan infrastruktur jalan.

Seperti pada Tahun Anggaran (2021) ini, di tengah masih sangat seretnya kondisi ekonomi nasional dari akibat dampak pandemi yang bersifat masif tersebut. Namun pihak pemerintah pusat masih tetap mengucurkan anggaran, baik dalam bentuk bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun dalam bentuk Dana Insentif Daerah (DID) dan Dana Alokasi Umum (DAU), termasuk yang diperoleh Pemkab Luwu ini.

Adapun dana bantuan dari pihak pemerintah pusat tersebut, telah digunakan oleh Pemkab Luwu untuk mengakselerasi program pembangunan infrastruktur jalan. Termasuk dialokasikan pada kegiatan pengaspalan dan pembuatan rabat beton pada sejumlah ruas jalan.

Untuk tahun ini, Pemkab Luwu melalui Dinas PU-PR kata ๐‚hali๐. M, ST, salah satu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang juga menangani sejumlah paket kegiatan pengaspalan yang dianggarkan melalui DID ๐๐š๐ง DAU.

โ€œKita di Dinas PUPR Kabupaten Luwu ini, memperoleh kucuran ๐๐š๐ง๐š baik DAK dan DID serta DAU pada tahun ini kurang lebih ย sejumlah Rp. 47,068 miliar,โ€ tutur salah satu birokrat yang akrab disapa Chali saat dikonfirmasi media ini, Sabtu (11/12/2021) melalui ย nomor WA-nya tersebut.

Ia pun lalu menyampaikan, jika tahun ini dirinya sendiri mengelola dan๐š DID ๐๐š๐ง DAU dengan total anggaran kurang lebih sebesar Rp. Rp.8. 991. 000 miliar. โ€œAdapun anggaran sebesar itu, telah dialokasikan untuk kegiatan pengaspalan ๐๐ข๐›๐ž๐›๐ž๐ซ๐š๐ฉ๐š ๐ซ๐ฎ๐š๐ฌ jalan,โ€ ucapnya.

Tampak program pengaspalan jalan r๐ฎ๐š๐ฌ ๐‹๐š๐ซ๐จ๐ฆ๐ฉ๐จ๐ง๐  – ๐‹๐ฎ๐ฆ๐š๐ซ๐ข๐ง๐  K๐ž๐œamatan ๐‹๐š๐ซ๐จ๐ฆ๐ฉ๐จ๐ง๐  dan r๐ฎ๐š๐ฌ ๐‘๐ฎ๐ฆ๐š๐ฃ๐ฎ – ๐’๐š๐ ๐š K๐ž๐œamatan ๐๐š๐ฃ๐จ, antara lain yang dianggarkan melalui DID TA 2021 ini.

Chali pun lanjut menjelaskan mengenai r๐ฎ๐š๐ฌ ๐ฃ๐š๐ฅ๐š๐ง ๐ฒ๐  ๐๐ข๐๐š๐ง๐š๐ข ๐๐ž๐ง๐ ๐š๐ง m๐ž๐ง๐ ๐ ๐ฎ๐ง๐š๐ค๐š๐ง ๐š๐ง๐ ๐ ๐š๐ซ๐š๐ง ๐ƒ๐ˆ๐ƒ yakni :

  1. ๐‘๐ฎ๐š๐ฌ ๐‹๐š๐ซ๐จ๐ฆ๐ฉ๐จ๐ง๐  – ๐‹๐ฎ๐ฆ๐š๐ซ๐ข๐ง๐  K๐ž๐œamatan L๐š๐ซ๐จ๐ฆ๐ฉ๐จ๐ง๐ .
  2. ๐‘๐ฎ๐š๐ฌ ๐‘๐ฎ๐ฆ๐š๐ฃ๐ฎ – ๐’๐š๐ ๐š K๐ž๐œamatan ๐๐š๐ฃ๐จ.
  3. ๐‘๐ฎ๐š๐ฌ ๐‚๐ข๐ฅ๐š๐ฅ๐ฅ๐š๐ง๐  – ๐’๐ฎ๐ฆ๐š๐›๐ฎ.

๐’๐ždangakan ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค r๐ฎ๐š๐ฌ jalan ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐๐ข๐๐š๐ง๐š๐ข ๐๐ž๐ง๐ ๐š๐ง m๐ž๐ง๐ ๐ ๐ฎ๐ง๐š๐ค๐š๐ง a๐ง๐ ๐ ๐š๐ซ๐š๐ง ๐ƒ๐€๐” sebagai berikut :

  1. ๐‘๐ฎ๐š๐ฌ d๐š๐ฅ๐š๐ฆ ๐Š๐จ๐ญ๐š ๐๐ž๐ฅ๐จ๐ฉ๐š ๐Š๐ž๐œamatan ๐๐ž๐ฅ๐จ๐ฉ๐š.
  2. ๐‘๐ฎ๐š๐ฌ d๐š๐ฅ๐š๐ฆ ๐ƒ๐ž๐ฌ๐š ๐๐š๐ญ๐ญ๐ž๐๐จ๐ง๐  ๐’๐ž๐ฅ๐š๐ญ๐š๐ง ๐Š๐ž๐œamatan ๐๐จ๐งrang S๐ž๐ฅatan.
  3. ๐‘๐ฎ๐š๐ฌ ๐‹๐ฎ๐ซ๐š๐ก – ๐Œ๐ข๐ง๐š๐ง๐ ๐š ๐“๐š๐ฅ๐ฅ๐ฎ ๐Š๐ž๐œamatan ๐๐จ๐ง๐ซ๐š๐ง๐ .
  4. ๐‘๐ฎ๐š๐ฌ ๐Š๐š๐ซ๐ž๐ญ๐š๐ง – ๐“๐จ๐ฆ๐›๐š๐ง๐  K๐ž๐œamatan ๐–๐š๐ฅ๐ž๐ง๐ซ๐š๐ง๐ .
  5. ๐‘u๐š๐ฌ ๐‹๐š๐ฆ๐š๐ฌ๐ข – ๐“๐จ๐ฅ๐ž๐ฆ๐จ ๐Š๐ž๐œamatan ๐‹๐š๐ฆ๐š๐ฌ๐ข ๐“๐ข๐ฆ๐ฎ๐ซ
  6. .๐‘๐ฎ๐š๐ฌ ๐“๐จ๐›๐š๐ค๐ฎ๐ง ๐Š๐ž๐œamatan ๐–๐š๐ฅ๐ž๐ง๐ซ๐š๐ง๐  ๐”๐ญ๐š๐ซ๐š.

โ€œJadi kesemua ruas jalan yang saya telah uraikan tersebut ย segera akan rampung 100%, menurut ๐ฐ๐š๐ค๐ญ๐ฎ ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ญ๐ž๐ฅ๐š๐ก ๐๐ž๐ญ๐ž๐ง๐ญ๐ฎ๐ค๐š๐ง ๐๐š๐ฅ๐š๐ฆ ๐ค๐จ๐ง๐ญ๐ซ๐š๐ค,โ€ terangnya.

Hasil pelaksanaan paket pengaspalan jalan ru๐š๐ฌ ๐‹๐š๐ฆ๐š๐ฌ๐ข – ๐“๐จ๐ฅ๐ž๐ฆ๐จ ๐Š๐ž๐œamatan ๐‹๐š๐ฆ๐š๐ฌ๐ข ๐“๐ข๐ฆ๐ฎ๐ซ, salah satu program pengaspalan jalan yang dianggarkan melalui DAU Kabupaten Luwu TA 2021 ini.

Tentunya, lanjut ๐‚๐ก๐š๐ฅ๐ข menambahkan, bahwa di๐ซ๐ขnya sangat mengapresiasi pada semua pihak atas lancarnya pelaksanaan program peningkatan kapasitas infrastruktur jalan ini, sehingga sangat diharapkan semakin memberikan manfaat pada masyarakat.

โ€œTerkhusus lagi untuk semakin memacu pertumbuhan ekonomi pedesaan dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, sebagaimana yang diharapkan oleh Bapak Bupati kita tersebut,โ€ tandas salah satu birokrat Pemkab Luwu yang dikenal sangat welcome pada awak media ini. (Infotorial/KS-Lw/Redaksi/T-Sar)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *