Wakil Bupati Luwu Utara Bersama Kepala BBWSPJ Tinjau Jaringan Irigasi Baliase dan Penanganan Tanggul Banjir di Malangke

Tabloid SAR – Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ponpengan Jenneberang (BBWSPJ) Ir. Djaya Sukarno M.Eng meninjau pelaksanaan beberapa pekerjaan yang dilaksanakan oleh BBWSPJ di Kabupaten Luwu Utara.

Adapun peninjauan tersebut dilakukan pada Rabu (10/05/2023). Tujuan kunjungan untuk meninjau progres pekerjaan pembangunan Jaringan Irigasi Baliase di Kecamatan Mappedeceng dan penanganan tanggul banjir Sungai Masamba di Kecamatan Malangke.

“Insya Allah untuk koordinasi terus kita lakukan dengan pihak BBWSPJ. Kunjungan hari ini adalah salah satu bukti komitmen kita bersama,” ucap Suaib Mansur saat itu juga didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air Dinas PUTRPKP2, Sri Rahayu.

Kita pun berharap, lanjutnya, penanganan banjir secara menyeluruh dari hulu hingga hilir dapat dilakukan oleh pihak yang berwenang dalam hal ini tentunya BBWSPJ. Termasuk diantaranya penanganan tanggul jebol yang mengakibatkan banjir di beberapa wilayah kita.

Untuk itu, lebih lanjut Suai Mansur menyampaikan, kita tentunya membutuhkan dukungan semua pihak, terutama masyarakat baik yang terdampak langsung maupun yang tidak.

Menurutnya, perencanaan terhadap kelanjutan pembangunan tanggul di Sungai Masamba akan segera dikerjakan oleh BBWSPJ.

“Jadi itu upaya kita untuk penanganan pasca banjir bandang tahun 2020 lalu, yaitu pembangunan lanjutan untuk tanggul Sungai Masamba akan segera dilaksanakan pembangunan Sabo. Termasuk DAM di hulu Sungai Radda juga akan dikerjakan tahun ini juga,” beber Suaib Mansur.

Sebagai informasi, tambahnya, bahwa pemanfaatan jaringan irigasi Baliase yang rencananya akan segera difungsikan akan mengairi kurang lebih 3.000 Ha areal sawah yang ada di Kecamatan Mappedeceng dan sekitarnya.

“Tentunya hal ini, akan semakin meningkatkan produksi gabah dalam lebih mendorong kesejahteraan hidup petani kita,” tutup Wakil Bupati Luwu Utara tersebut. (Made)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *