Untuk Jajaki Kerjasama Program Perpustakaan Desa Berbasis Digital, Bunda Literasi Kabupaten Luwu dan Rombongan Berkunjung ke Kolaka Utara

News307 views

 

Tabloid SAR – Bunda Literasi Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan Dr Hj Hayarna Hakim SH MH beserta rombongannya berkunjung ke Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu.

Adapun tujuan kunjungan tersebut dalam  rangka menjajaki kerjasama program perpustakaan desa berbasis digital dengan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara.


Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Kolaka Utara, Syahril SPd saat menyampaikan sambutan ketika menerima kunjungan Bunda Literasi Kabupaten Luwu dan rombongannya.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, Rakhmat Arifuddin SSos MSi di ruang kerjanya, Jumat (30/9/2022). “Beberapa waktu lalu, tepatnya pada hari Senin, 19 September 2022, kita selaku Tim Pemkab Luwu mendampingi Bunda Literasi Kabupaten Luwu berkunjung ke Kabupaten Kolaka Utara,” tuturnya.

Maksud kunjungan tersebut, kata Rakhmat adalah untuk melakukan sharing atau tukar pendapat dan tukar pengalaman masing-masing daerah dalam melaksanakan program dan kegiatan peningkatan budaya literasi dan peningkatan minat baca serta daya baca masyarakat yang dimulai dalam lingkungan keluarga.

Bunda Literasi Kabupaten Luwu, Dr Hj Hayarna Hakim SH MH saat menyampaikan sambutan ketika diterima oleh Pemkab Kolaka Utara.

Lanjut ia menyampaikan, dilakukannya kunjungan ini tak lain untuk menjajaki kerjasama dalam upaya peningkatan budaya literasi dan peningkatan kegemaran minat/daya baca masyarakat antara kedua daerah yang masih bersaudara tersebut.

“Sebab secara historis, kedua daerah ini adalah sama-sama lahir dari latarbelakang kandungan peradaban yang sama, ketika masih di bawah simbol kebesaran Pajung ri Luwu menurut fase-fase zamannya,” terang Rakhmat.

Tampak suasana acara penyabutan Pemkab Kolaka Utara terhadap Bunda Literasi Kabupaten Luwu, Dr Hj Hayarna Hakim SH MH dan rombongannya.

Hanya saja, kata Rakhmat lebih lanjut, akibat faktor pembagian wilayah administrasi pemerintahan di dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga Kabupaten Luwu masuk di dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Kolaka Utara masuk ke dalam wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Menurutnya, jadi dengan adanya penjajakan kerjasama pada bidang kepustakaan ini, paling tidak akan kembali mempererat hubungan kultural melalui program pengembangan literasi hingga ke desa-desa, sebagai upaya mencerdaskan wawasan pengetahuan masyarakat pada kedua daerah bersaudara ini terhadap peningkatan produktifitas yang sifatnya berjiwa nasionalisme.

Alhamdulillah, tuturnya lagi, maka melalui kunjungan ini sehingga sangat diharapkan untuk dapat memacu peningkatan minat baca masyarakat desa melalui program pengelolaan perpustakaan desa berbasis digital di kedua daerah bersaudara ini.

Bunda Literasi Kabupaten Luwu, Dr Hj Hayarna Hakim SH MH dan rombongan saat mengunjungi salah satu perpustakaan desa berbasis digital di Kabupaten Kolaka Utara.

Rakhmat lanjut menginformasikan, bahwa kunjungan Bunda Litrasi Kabupaten Luwu beserta kami selaku rombongannya saat itu sangat direspon baik oleh pihak Pemkab Kolaka Utara.

“Ya, kami diterima oleh Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Kolaka Utara beserta pejabat Pemkab Kolaka Utara lainnya, antara lain Asiaten 1 Setdakab Kolaka Utara, Staf Ahli Bupati Kolaka Utara, Ketua DWP Kabupaten Kolaka Utara, Para Kabid Dinas Perpustakaan Kabupaten Kolaka Utara,” ungkapnya.

Melalui acara sambutan penerimaan tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Kolaka Utara, Syahril SPd mengaku sangat mengapresiasi dan merasa sangat bangga atas adanya kunjungan Bunda Literasi Kabupaten Luwu beserta rombongannya. “Walaupun masih banyak yang perlu dilakukan di Kolaka Utara, terkait Peningkatan budaya literasi dan minat baca masyarakat. Untuk itu masukan saudara kita dari Kabupatan Luwu tentu sangat berharga,” ujarnya.

Sedangkan Bunda Literasi Kabupatan Luwu, Hj Hayarnya Hakim dalam sambutannya sangat berterima kasih telah diterima dengan begitu hangat dalam kunjungan ini.

Bunda Literasi Kabupaten Luwu ini pun lalu menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi ajang tukar pendapat dan pengalaman dalam peningkatan indeks literasi dan budaya baca masyarakat.

Kemudian ditambahkan oleh Kadis perpustakaan dan Kearsipan Kab Luwu tersebut, akan menindaklanjuti hasil kunjungan ini dalam rencana program dan kegiatan pada tahun selanjutnya. “Jadi inti dari kunjungan ke Kolaka Utara ini, yakni untuk menjajaki kerjasama terhadap program pengelolaan perpustakaan desa berbasis digital,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa kunjungan Bunda Literasi Kabupaten Luwu  ke Kolaka Utara tersebut, selaun  didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupten Luwu, maka juga didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Luwu, H Bustam SH.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, Rakhmat Arifuddin SSos MSi (kiri) saat foto bersama Kepala Dinas Perpustakaan Kolaka Utara, Syahril SPd.

Turut pula dalam rombongan Bunda Literasi Kabupaten Luwu tersebut, Ketua DWP Persatuan Kabupaten Luwu Hj Kartini SH yang juga Ketua Pokja Bunda Literasi Kabupaten Luwu beserta Anggota PKK Kabupatan Luwu lainnya. Termasuk para Kabid Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Luwu, yakni Kabid Pengembangan Hj Masnaenih, Kabid Layanan St. Hafsah dan Kabid Kearsipan Akriani serta Kabid DPMD Kabupaten Luwu Hj Masnah. (Infotorial)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *