Pemkab Luwu Laksanakan Pembangunan SPAM TA 2022 Senilai Rp 7 Miliar

News244 views

Kadis PUPR : Program Pengadaan SPAM Ini, untuk Masyarakat Pedesaan yang Tidak Terjangkau Palayanan PDAM

 

Tabloid SAR-Melalui Tahun Anggaran (TA) 2022 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, Sulawesi Selatan, sedang melaksanakan kegiatan pembangunan 15 Paket Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang tersebar di sejumlah desa dan kelurahan.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu, Ir. Raden Dani Mahenra, ST saat ditemui media ini pada Selasa (4/10/2022) di ruang kerjanya.

 

Pembangunan intake yang hampir rampung pada pelaksanaan kegiatan SPAM yang berlokasi di Desa Rante Alang Kecamatan Larompong.

“Kita sedang melaksanakan kegiatan pembangunan 15 Paket SPAM yang tersebar di sejumlah desa dan kelurahaan, dengan nilai anggaran kurang lebih sebasar Rp 7 milar,” tuturnya.

Adapun nilai anggaran sebesar tersebut, tuturnya lebih lanjut, adalah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) TA 2022 dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Program Pengadaan SPAM.

Pembuatan bak resrvoar yang juga hampir rampung intake pada pelaksanaan kegiatan SPAM yang berlokasi di Desa Kaladi Darussalam Kecamatan Suli Barat.

Menurutnya,  bahwa dari 15 Paket SPAM yang dibangun tersebut diantaranya berlokasi di  Desa Rante Alang Kecamatan Larompong, Desa Kaladi Darussalam Kecamatan Suli Barat,  Desa Tampa Kecamatan Ponrang, Lingkungan Salu Makarra Kelurahan Noling Kecamatan Bupon dan Desa Ilan Batu Kecamatan Walenrang Barat.

Pembangunan intake yang juga suah hampir rampung pada pelaksanaan kegiatan SPAM yang berlokasi di Desa Tampak Kecamatan Ponrang.

“Alhamdulillah, semua kegiatan pembangunannya berjalan sesuai dengan progres pelaksanaannya di lapangan. Insya Allah, akan selesai tepat waktu sesuai  kontrak kerja dengan pihak ketiga,” kata salah satu birokrat Pemkab Luwu yang lebih akrab disapa Dani ini.

Kepala Dinas (Kadis) PUPR Kabupaten Luwu, Ir Ihksan Asaad, ST. MT pun membenarkan mengenai adanya Program Pengadaan SPAM TA 2022 tersebut. “Hal tersebut sudah merupakan salah satu program prioritas Pemkab Luwu di bawah kepemimpinan Bapak Bupati DR. Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd,” ungkapnya.

Pembuatan bak resrvoar yang sudah rampung intake pada pelaksanaan kegiatan SPAM yang berlokasi di Lingkungan Salu Makarra, Kelurahan Noling Kecamatan Bupon.

Adapun sasaran Program Pengadaan SPAM ini, untuk menyediakan kebutuhan air bersih bagi masyarakat di pedesaan yang tidak terjangkau oleh pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Luwu,”ucapnya.

Sedang berlangsung pembuatan bak resrvoar pada pelaksanaan kegiatan SPAM yang berlokasi di Desa Ilanbatu Kecamatan Walenrang Barat.

Ia pun menyampaikan, dengan selesainya pembangunan SPAM ini nantinya, sehingga masyarakat di pedesaan sudah tidak lagi mengalami kesulitan air bersih.  “Kita pun juga sangat berharap pada masyarakat agar senantaiasa pula merawat SPAM ini, demi kesinambungan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat pedesaan itu senditri,” pungkas Kadis PUPR Kabupaten Luwu tersebut. (Infotorial/Redaksi/T-SAR)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *