Surat Pembaca Tekait Dugaan Penyalahgunaan BBM Bersubsidi pada Wilayah Pertambangan di Sulteng

News577 views

 

Meminta LSM Pembela Arus Bawah Agar Bisa Turun Menginvestigasi Praktek-Praktek Mafia BBM Bersubsidi ke Pertambangan Nikel di Morowali dan Morowali Utara

 

Dengan hormat,

Melalui surat pembaca ini, maka kami meminta pada LSM Pembela Arus Bawah agar bisa turun di Sulawesi Tengah (Sulteng), untuk melakukan investigasi terhadap dugaan penyalahgunaan BBM Bersubsidi jenis solar.

Adapun modus yang mereka lakukan dengan cara menimbun BBM Bersubsidi, untuk disupply lebih lanjut pada sejumlah perusahaan pertambangan nikel dan smelter di Sulawesi Tengah (Sulten), khususnya pada Kabupaten Morowali dan Kabupaten Morowali Utara.

Diduga kasus penimbunan BBM Bersubsidi jenis solar ini, dikumpulkan dari para pelansir di setiap SPBU dan ada pula yang didatangkan dari Sulawesi Selatan. Kasus ini sudah menjadi pemandangan yang sangat kasat mata yang setiap saat dimuat dengan mobil-mobil tangki untuk diangkut ke berbagai perusahaan pertambangan nikel dan smelter di Sulteng tersebut.

Selain itu, maka pengangkutannya pun ada juga yang melalui kapal tanker dan senantiasa pula berlabuh pada setiap dermaga jetty perusahaan tambang. Jadi begitu masifnya pratek-praktek mafia BBM Bersubsidi jenis solar pada daerah pertambangan nikel di Sulteng ini.

Terkait kasus dugaan penyalahgunaan BBM ini, namun justru sama sekali tidak mendapat atensi penindakan dari pihak aparat penegak hukum berwenang, Akan tetapi justru sangat terkesan melakukan pembiaran terjadinya praktek-praktek mafia BBM yang begitu marak sisuplay pada perusahaan pertambangan di wilayah ini.

Hal tersebut, sebab diduga terdapat pula oknum-oknum aparat tertentu, yang semestinya melakukan penindakan, tapi disinyalir justru disinyalir ikut bermain di balik kasus penyalahgunaan BBM Bersubsidi yang begitu marak tersebut. Akibatnya, sehingga membuat  kasus ini menjadi sangat sukar disentuh secara hukum. Tentunya praktek-praktek seperti ini sangat jelas merugikan negara dan tentunya juga merugikan masyarakat pengguna BBM Bersubsidi.

Hal inilah, maka kami sangat meminta LSM Pembala Arus Bawah untuk bisa turun melakukan investigasi terhadap dugaan penyalahgunaan BBM Bersubsidi pada wilayah pertambangan nikel di Sulteng ini. Sekaligus menginvestigasi indikasi keterlibatan oknum-oknum aparat tertentu yang diduga kuat ikut bermain di balik maraknya praktek-praktek mafia BBM bersubsindi ke wilayah pertambangan nikel di Morowali dan Morowali Utara tersebut.

Alasan kami sampai memita LSM Pembela Arus Bawah, sebab kami menilai merupakan salah satu LSM dikenal sangat berkomitmen mengkritisi penyalahgunaan kebijakan pemerintah. Apalagi juga memiliki akses pelaporan di Mabes Polri dan Mabes TNI serta sejumlah pejabat pusat yang memilki otoritas terhadap agenda pemberantasan mafia Migas tersebut.

Demikian surat pembaca ini, kiranya mendapat perhatian publik, dengan harapan LSM Pembela Arus Bawah bisa segera turun melakukan investigasi, atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Kelompok Masyarakat Anti Mafia BBM Bersubsisi Sulteng

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *