Program Pengadaan SPAM di Salu Makarra, Awalnya Diusulkan oleh Aktivis Pembela Arus Bawah

News353 views

Kabid Cipta Karya : Insya Allah Tahun Depan, Kita Bangun Pengadaan Air Bersih di Loppe

LUWU, Tabloid SAR – Masyarakat Salu Makarra, Kelurahan Noling, Kecamatan Bupon, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, akhirnya akan menikmati air bersih yang dibangun melalui program pengadaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dianggarkan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran (TA) 2022 ini.

Dimana program pengadaan SPAM di Salu Makkara ini, pada awalnya diusulkan oleh sebuah LSM yang disebut Aktivis Pembela Arus Bawah. Merupakan salah satu pengadaan SPAM yang dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu yang terdiri dari 15 paket yang tersebar di beberapa desa dan kelurahan, dengan total anggaran keseluruhannya adalah kurang lebih Rp 7 miliar.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu, Ir. Raden Dani Mahenra, ST saat ditemui media ini pada Selasa (4/10/2022) di ruang kerjanya. Bahwa dibangunnya pengadaan air bersih dalam bentuk program SPAM di Salu Makarra pada tahun 2022 ini, pada awalnya diusulkan oleh Direktur Eksekutif Aktivis Pembela Arus Bawah, Rahmat K Foxchy.

“Yah, itu usulan Bang Ories (sapaan akrab  Rahmat K Foxchy) dalam kapasitasnya sebagai LSM, menurut kedudukannya selaku Direktur Eksekutif Aktivis Pembela Arus Bawah. Sebab beliau adalah mitra kita, sehingga tahun 2022 ini kita merealisasikan pembangunan SPAM untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Salu Makarra tersebut,” tutur salah satu birokrat Pemkab Luwu yang akrab disapa Dani tersebut.

Lanjut Dani mengemukakan, untuk TA 2022 ini Pemkab Luwu memperoleh kucuran Dana Alokasi Khusus atau DAK dengan total keseluruhannya kurang lebih Rp 7 miliar. Itu dialokasikan pada 15 paket kegiatan pembangunan SPAM, salah satunya di Salu Makarra tersebut. “Jadi khusus untuk kegiatan pembangunan SPAM di Salu Makarra, maka kita alokasikan anggaran kurang lebih sebesar Rp 300 jutaan,” ungkapnya.

Sebenarnya, lanjut Dani menyampaikan, Bang Ories juga mengusulkan pengadaan air bersih yang berlokasi di Loppe. Namun karena faktor keterbatasan anggaran, sehingga untuk tahun 2022 ini, kita bangun dulu bdi Salu Makarra. “Insya Allah pada tahun depan yakni tahun 2023, kita juga akan rencanakan untuk membangun SPAM untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Loppe,” ucapnya.

Sedangkan Direktur Eksekutif Aktivis Pembela Arus Bawah, Rahmat K Foxchy mengaku sangat berterima kasih kepada pihak Dinas PUPR Kabupaten Luwu, sebab pada tahun 2022 ini telah dibangun pengadaan SPAM sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Salu Makarra tersebut.

“Khususnya lagi ucapan terima kasih saya sampaikan kepada Pak Dani selaku Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Luwu atas adanya perhatian yang diberikan, sehingga dibangun pengadaan SPAM demi memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Salu Makarra tersebut,” kata aktivis LSM yang lebih akrab disapa Bang Ories ini.

Tentunya kita dari LSM, lanjut Bang Ories mengemukakan, agar pengadaan SPAM dapat pula dibangun di Loppe pada tahun 2023 mendatang. “Saya sudah konsultasikan dengan Pak Dani mengenai pembangunan SPAM untuk kebutuhan air bersih bagi Masyarakat Loppe dan direncanakan akan dibangun pada tahun 2023 mendatang,” bebernya.

Saya inikan putra asal Noling, tambah Bang Ories, bagaimana posisi saya sebagai aktivis LSM dapat sebisa mungkin mempengaruhi sistem kebjikan publik dalam memperoleh anggaran seperti ini, untuk kemaslahatan masyarakat Noling yang lingkungannya masih terbelakang seperti di Salu Makarra dan Loppe tersebut.

“Alhamdulillah teman-teman borokrat di Pemkab Luwu, khususnya pada Dinas PUPR bisa merespon usulan saya dalam hal pengadaan SPAM untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Salu Makarra. Kita pun juga sangat mengharapkan di Loppe menyusul pula akan dibangun pengadaan SPAM pada tahun 2023 mendatang,” pungkas Direktur Eksekutif Aktivis Pembela Arus Bawah ini. (Redaksi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *