Pemdes Maindo Gelar Sejumlah Lomba Merdeka, untuk Memaknai Semangat Perjuangan Para Pahlawan Kusuma Bangsa

News416 views

Tabloid SAR – Pemerintah Desa (Pemdes) Maindo, Kecamatan Basse Sangtempe Utara (Bastura), Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan menggelar sejumlah lomba merdeka terhitung dari tanggal 21 sampai dengan 24 Agustus 2023.

Adapun lomba merdeka ini digelar pada Lapangan Sepakbola Sanggalangi. Desa Maindo. Dibuka oleh Camat Bastura pada hari ini, Senin (21/08-2023) dan juga dihadiri oleh unsur Forkopincam dan jajaran pemerintahan Kecamatan Bastura dan Desa Maindo beserta para stakeholder di desa tersebut.

Kepala Desa Maindo, Yakub Kalla’ Ulu menyampaikan bahwa meskipun lomba merdeka yang digalar di Lapangan Sepakbola Sanggalangi ini, dilaksanakan sesudah upacara peringatan HUT RI 17 Agustus 2023 yang beberapa hari lalu tersebut.

“Karena kuatnya permintaan dari masyarakat Desa Maindo, sehingga digelar pula lomba merdeka ini terhitung mulai hari senin ini selama empat hari berturut-turut,” tuturnya.

Lanjutnya, jadi dengan digelarnya lomba merdeka ini, tak lain untuk memaknai kembali semangat perjungan para pahlawan kusuma bangsa yang telah memerdekakan negara kita ini dari penjajahan bangsa asing, sebagaimana yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 tersebut.

“Jadi dengan digelarnya lomba merdeka ini, untuk mengingatkan kita kembali, mengenai semangat partiotisme para pejuang kusuma bangsa untuk memerdekakan Bangsa Indonesia pada 78 tahun yang lampau,” kata Yakub.

Warga Desa Maindo dan desa-desa sekitarnya datang berduyung-duyung menyaksikan pembukaan lomba merdeka yang digelar pada Lapangan Sepakbola Sanggalangi di Desa Maindo.

 

Menurutnya, bahwa  terdapat beberapa kegiatan yang diperlombakan, seperti sepakbola, bolavoli pria dan wanita, sepak takrow, tarik tambang antara dusun beserta lomba paduan suara antara dusun. “Maka kegiatan lomba ini, untuk menyemarakkan suasana peringatan hari kemerdekaan ke 78 ini,” terang Kepala Desa Maindo tersebut.

Sementara Camat Bastura, Riting SH MH mengaku sangat mengapresiasi kegiatan lomba merdeka yang digelar pihak Pemdes Maindo ini, untuk memeriahkan suasana peringatan HUT RI 17 Agustus 2023 ini. “Kitapun sangat berharap agar kegiatan lomba merdeka ini berlangsung dalam suasana aman, sekaligus menjadi hiburan rakyat dalam memaknai kembali semangat kemerdekaan tersebut,” pungkasnya.

Sedangkan sesuai pantauan media ini, bahwa tampak warga desa setempat dan desa-desa tetangga berduyun-duyun datang menyaksikan pembukaan kegiatan lomba medeka yang diselenggarakan oleh pihak Pemdes Maindo tersebut. (Herman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *