Diakhir Tahun 2022 Pemerintah Kecamatan Bupon Gelar Tablig Akbar dengan Tema Bupon Berzikir

News238 views

Luwu, Tabloid SAR – Menjelang tahun baru 2023 lalu, Pemerintah Kecamatan Bua Ponrang (Bupon) menggelar Tablig Akbar di Lapangan Andi Tadda, Noling Kecamatan Bupon, Sabtu malam, 31 Desember 2022. Tablig Akbar itu mengangkat tema “Bupon Berzikir”.

Camat Bupon, Gunawar Paesmo dalam sambutannya mengatakan, bahwa “Bupon Berzikir” merupakan kegiatan akhir tahun Pemerintah Kecamatan Bupon tahun 2022 ini.

Ia lanjut mengemukakan, bahwa Bupon harus bisa berinovasi, kaya dengan ide-ide dan gagasan dalam membangun peradaban di Kecamatan Bupon ini, agar tercipta sistem sosial yang kreatif demi mewujudkan masyarakat plural yang harmonis.

Menurutnya, bahwa masyarakat inovatif adalah harus kaya akan ide-ide, gagasan-gagasan, terobosan-terobosan dan responsif mencari peluang usaha untuk menguatkan kehidupan ekonomi, pada gilirannya membangun peradaban di Kecamatan Bupon agar mewujudkan masyarakat plural yang harmonis dan berkehidupan sejahterah.

Soalnya, lanjut Gunawar mengemukakan, sebab masyarakat Bupon ini sangat pluarisme, karena sudah beragam suku dan agama yang menjadi penduduknya. “Jadi dengan semangat pluralismenya itu pulalah, justru menjadi ciri khas masyarakat Bupon agar senantiasa hidup berdampingan secara harmonis,” harapnya.

Apalagi Bupon ini, sambungnya, pernah mengalami booming ekonomi pada era kejayaan komoditi kakao. Bagaimana masyarakat bisa berinovasi, untuk terus melakukan terobosan yang bersifat responsif mencari peluang usaha untuk menguatkan kehidupan ekonomi, tanpa harus melupakan kewajiban kita sebagai hamba Allah SWT.

Hal itulah kata Gunawar, sehingga diadakan  kegiatan“Bupon Berzikir”ini, supaya senantiasa berkumandang nilai-nilai kehidupan religius di tengah masyarakat Bupon ini. “Yah intinya, bahwa bagaimana kita agar senatiasa berinovasi untuk menguatkan kehidupan ekonomi yang sifatnya berbasis kehidupan religius,” tandasnya.

Harapan kita, ingin membangun sistem sosial yang bersifat pluralis di tengah masyarakat Bupon ini, supaya senantiasa hidup harmonis yang juga dilandasi dengan nilai-nilai kehidupan religius.

Tak lupa Camat Bupon ini berpesan, supaya senantiasa menjaga Kamtibmas yang kondusif dan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi kehidupan antara beragama. “Sebab ciri-ciri orang berimana adalah senantiasa memelihara hubungan silaturahim, untuk hidup rukun dan damai serta selalu menghormati pemeluk agama lainnya,” ungkap Gunawar.

Gunawar pun menambahkan, bahwa Bupon beriman maka itulah yang akan kita bangun dalam sistem sosial kita.  “Semoga apa yang kita impikan itu bisa terwujud di tahun 2023 nanti dan tahun selanjutnya. Kita pun sangat berharap agar masyarakat Bupon bisa pula kembali maju kehidupan ekonominya, seperti pada era booming ekonomi komuditas kakao pada tahun-tahun yang lampau,” pungkas Camat Bupon tersebut. (Basnawir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *