Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 78 di Kecamatan Bastem

News371 views

Tabloid SAR – Puncak peringatan detik-detik upacara pengibaran Sangsaka Merah Putih Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI)  ke-78 Tingkat Kecamatan Basse Sangtempe (Bastem), Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan adalah nampak berlangsung secara hikmad.

Adapun kegiatan upacara ini dimulai pada pukul 08.00 Wita, tak lain untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan Bangsa dan Negara Indonsia yang setiap tahun pada tanggal 17 Agustus. Melalui upacara peringatan kemerdekaan untuk Tingkat Kecamatan Bastem tersebut di selenggarakan pada Lapangan Desa Kanna Utara.

Camat Bastem, Musta SE adalah bertindak sebagai Inspektur Upacara, sekaligus membacakan Teks Proklamasi. Serka TNI-AD Novel Adrianto bertindak sebagai Komandan Upacara. Tampak Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sukses mengibarkan bendera Sangsaka Merah Putih yang diiringi dengan lagu Indonesia Raya.

Tampak Tim Paskibaraka Peringataan Kemerdekaan RI ke 78 Tingkat Kecamatan Bastem sukses mengibarkan Sangsaka Merah Putih.

Pada Tim Paskibraka tersebut, maka selaku pembawa baki Sangsaka Merah Putih adalah Rante Rustika Sari. Sedangkan yang bertindak sebagai penggerek bendera masing-masing adalah Putri Indah, Taufik palallung dan Abdullah. Kesemuanya merupakan siswa-sisiwi SMAN 19 Luwu di Beuma, Kecamatan Bastem.

Adapun para perserta upacara detik-detik peringatan HUT RI 17 Agustus 2023 ini, masing-masing mengambil bagian pada barisan yang sudah ditentukan oleh pihak Panitia Penyelenggara Upara Hari Kemerdekaan Tingkat Kecamatan Bastem.

Suasan peserta upacara HUT Kemerdekaan RI ke 78 Tingkat Kecamatan Bastem.

Para peserta upacara tersebut diikuti oleh unsur Forkopimcam lainnya, seperti Serka TNI-AD Basri Latief mewakili Danramil Bastem dan Aipda Sukardi mewakili Kapolsek Bastem, para kepala desa, unsur TNI/Polri, segenap ASN dan para pelajar sekolah.

Selain itu, maka diikuti pula oleh segenap stakeholder lainnya seperti para Pemangku Adat, Tokoh Agama dan Masyarakat dan Tokoh Wanita. Termasuk hadir perwakilan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa (HAM) Bastem.

Musta kepada media ini mengaku jika baru tahun ini dirinya memperingati HUT RI sebagai Camat Bastem. “Hal itu, sebab saya baru beberapa bulan ditunjuk oleh Bapak Bupati Luwu untuk mengemban tugas dan tanggungjawab sebagai Camat Bastem,” tukasnya.

Camat Bastem inipun sangat mengapresiasi atas terselenggaranya peringatan detik-detik upacara pengibaran Sangsaka Merah Putih HUT RI  ke-78 ini, sebab dengan sukses dilaksanakan oleh adik-adik kita selaku pengemban tugas sebagai Paskibraka.

“Kita sangat berharap upacara Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 2023 ini, sehingga dapat memberikan inspirasi dalam memaknai semangat juang para pahlawan kusuma bangsa, untuk memotivasi segenap masyarakat Bastem yang lebih berpedaban maju ke depan,” tuturnya.

Ia pun menambahkan, bahwa dirinya berjanji akan senantiasa memberikan pelayanan pemerintahan yang baik pada masyarakat. “Harapan saya di Bastem ini senantiasa dalam suasana Kamtibnas yang kondusif,” kunci Camat Bastem tersebut.

Sementara Rante Rustika Sari, selaku pembawa baki dalam Tim Paskibraka tersebut, mengaku sangat terharu sebab dirinya bisa ikut berpartisipasi untuk mengibarkan Sangsaka Merah Putih sebagi puncak kegiatan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 Tingkat Kecamatan Bastem ini.

“Sangat mengharukan dan ini merupakan pengalaman saya yang tidak akan terlupakan. Sekaligus akan saya jadikan sebagai motivasi paling berharga dalam mewujudkan cita-cita saya kelak,” ucap gadis cantik, salah satu siswi SMAN 19 Luwu di Beuma ini, sambil tersipu-sipu tersebut.

Hal senada juga dikemukakan oleh sejumlah anggota Tim Paskibraka HUT RI ke-78 Tingkat Kecamatan Bastem tersebut. Mereka sebagai generasi milenial Bastem yang sedang menepuh pendidikan pada SMAN 19 Luwu ini, kesemuanya ingin menggapai cita-citanya dalam dunia pendidikan ke depan. (Herman)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *