PT. MDA Bersihkan Material Longsor pada Sejumlah Titik di  Latimojong

KTT & Site Manager PT. MDA Distribusikan Basos bagi Warga Desa Ulu Salu yang Akses Jalannya Terdampak Bencana Longsor 

 

LUWU, Tabloid SAR – Tingginya curah hujan belakangan ini, menyebabkan terjadi bencana banjir dan tanah longsor pada berbagai daerah. Begitupun halnya yang melanda Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan yang tidak hanya timbulkan bencana banjir tapi juga timbulkan bencana tanah longsor pada beberapa desa.

Seperti di wilayah Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu akibat tingginya curah hujan akhir-akhir ini, maka menimbulkan longsor sampai menutup akses jalan pada beberapa titik di sejumlah desa. Hal itulah, sehingga PT. Masmindo Dwi Are (MDA) langsung mengerahkan sejumlah alat berat jenis excavator untuk membersihkan material longsor yang menutup akses jalan pada sejumlah titik tersebut.

Hal tersebut dikemukakan oleh External Relations Manager External Affairs Department PT MDA, Yudhi Purwandi melalui siaran persnya yang dirilis media ini, Sabtu (5/3/2022).

“Untuk membuka akses jalan yang tertimbun material longsor pada beberapa titik tersebut, kita dari PT. MDA terlebih dahulu  berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Luwu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Luwu, dan Pemerintah Kecamatan Latimojong,” ucapnya.

Menurutnya, bahwa terdapat sejumlah jumlah titik ruas jalan desa dan jalan penghubung antar desa sempat tertutup longsoran material, sehingga tidak bisa dilalui warga.

“Adapun yang terparah longsoran adalah total 16 titik , yakni antara lain pada ruas jalan Desa Ranteballa – Saronda, 4 titik longsor di Dusun Padang dan juga di Dusun Kande Api  pada wilayah Desa Rante Balla. Termasuk di  Desa Tabang dan Dusun Gamaru dan Tondok pada wilayah Desa Ulusalu,” rinci salah satu jajaran PT. MDA yang akrab disapa Yudhi tersebut.

Kata Yudhi lagi, bahwa longsor itu terjadi berturut-turut sejak 7, 9, 11 dan 17 Februari 2022. “Alhamdulillah, semua ruas jalan yang tertutup material longsor tersebut, sudah bisa kembali dilalui masyarakat setelah sejumlah unit excavator PT. MDA dikerahkan untuk melakukan perbaikan jalan sejak 12 Februari 2022. Kemudian perbaikan jalan tersebut dilanjutkan lagi pada 26-27 Februari 2022 lalu,” terangnya.

Namun demikian,  tutunya lebih lanjut, kita dari PT. MDA akan terus monitoring kondisi jalan dan akan selalu melakukan pemeliharaan terhadap ruas jalan pada  Kecamatan Latimojong, sebagai bentuk komitmen perusahaan kita dalam memperlancar arus transportasi masyarakat di wilayah ini.

Yudhi pun lanjut menyampaikan, bahwa selain membuka kembali akses jalan yang tertimbun material longsor pada sejumlah titik tersebut. Kita juga dari PT MDA telah mendistribukan sejumlah 100 paket Sembako pada warga yang berdampak longsor pada 19 Februari 2022 lalu. Seperti pada Masyarakat di  Dusun Gamaru dan Tondok di Desa Ulusalu yang paling terdampak bencana.

Adapun bantuan Sembako dari PT. MDA ini, sambungnya, tidak hanya disalurkan pada masyarakat terdampak bencana di Kecamatan Latimong saja. Namun kita juga menyalurkan Bansos pada masyarakat terdampak bencana pada kecamatan lainnya, seperti contohnya pada masyarakat di Kecamatan Ponrang yang terdampak bencana banjir tahun 2021 lalu.

“Jadi kita dari PT. MDA, Insyah Allah akan selalu berpartisipasi untuk turut meringankan beban warga terdampak bencana di manapun khususnya di Kabupaten Luwu ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap rasa kemanusiaan,” tandas Yudhi yang dikenal sangat familiar terhadap awak pers ini.

Hal senada juga dikemukakan oleh Kepala Teknik Tambang (KTT) & Site Manager PT MDA, Mustafa Ibrahim saat menyerahkan Bansos untuk masyarakat yang terdampak bencana akibat longsor yang memutus sejumlah akses jalan di Kacamatan Latimojong tersebut.

KTT & Site Manager PT MDA, Mustafa Ibrahim, saat serahkan bantuan paket sembako di Desa Ulusalu. Sabtu (19/2/2022) lalu.

Mustafa Ibrahim yang turut didampingi sejumlah staf perusahaan PT MDA, saat menyerahkan Bansos kepada Camat Latimojong, untuk disalurkan  terhadap masyarakat yang terdampak bencana longsor tersebut.

Adapun  penyerahan Bansos tersebut dilaksanakan pada 15 Februari 2022 lalu,  saat acara Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang) Kecamatan Latimojong yang disaksikan oleh pihak pemerintah desa dan stakeholder lainnya di wilayah kecamatan tersebut.

Camat Latimojong,  Supriadi  mengaku sangat berterima kasih kepada pihak PT. MDA yang selalu sigap memberikan tanggapan dan aksi segera jika terjadi bencana. “Semoga kerja sama yang baik dari semua pihak ini dapat terus terwujud ke depan,” tandasnya.

KTT & Site Manager PT. MDA tersebut, selanjutnya menyerahkan bantuan paket Sembako di Desa Ulusalu. Sabtu (19/2/2022) lalu. “Jadi adanya paket Sembako ini, sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap warga yang akses jalannya sangat terdampak bencana longsor baru-baru ini,” pungkas Mustafa Ibrahim. (Pres rilis).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *