Pemdes Bungadidi di Luwu Utara Setiap Bulan Secara Rutin Gelar Rapat Koordinasi untuk Mengevaluasi dan Membahas Berbagai Hal

News224 views

Tabloid SAR – Pemerintah Desa (Pemdes) Bungadidi di Kecamatan Tanalili , Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, setiap bulan secara rutin menggelar rapat koordinasi untuk mengevaluasi dan berbagai hal mengenai kondisi dan situasi desa. Selain membahas berbagai hal terhadap setiap permasalahan yang timbul, serta mencarikan solusi atas setiap pemasalahan yang terjadi di tengah masyarakat tersebut.

Hal tersebut, dikemukakan oleh Kepala Desa (Kades) Bungadidi, Kaso Andi Baso  pada media ini, Rabu (21/06/2023). “Kita di Pemdes Bungadidi ini,  setiap bulan secara rutin mengalar rapat koordinasi, dengan melibatkan segenap jajaran perangkat desa, para kepala dusun sampai Ketua RT dan juga mengundang sejumlah  stakeholder di desa kita ini,” tuturnya.

Seperti pada hari Selasa kemarin, 20 juni 2023, kata Kades Bungadidi ini, kita menggelar rapat koordinasi desa dengan mengevaluasi dan membahas banyak hal yang terkait dengan fenomena yang lagi terjadi di desa kita ini.

Lanjut ia menjelaskan, seperti mengevaluasi situasi dan kondisi pada setiap lingkungan di desa kita ini. Terlebih lagi situasi dan kondisi Kamtibmas. “Soalnya Kamtimbas selalu menjadi prioritas untuk dibahas pada setiap rapat koordinasi desa, demi memastikan rasa aman bagi masyarakat,” ucapnya.

Alhamdulillah, lanjutnya lagi, maka situasi Kamtimbas di Desa Bungadidi ini senantiasa dalam keadaan kondusif. Hal ini terjadi karena adanya kolaborasi yang saling sinergitas antara pemerintah desa dengan pihak Polri yang bertugas selaku Bhabinkamtimbas bersama pihak TNI yang bertugas sebagai Babinsa. “Jadi tiga pilar inilah dan juga didukung dengan semangat partisifasi masyarakat, sehingga menjadi penentu  terciptanya stabilitas Kamtimbas di Desa Bungadidi ini,” beber Kades yang lebih akrab disapa Andi Kaso tersebut.

Yah, kata Kades yang dikenal sangat familiar ini, jadi melalui rapat koordinasi desa, kita bisa mengetahui kondisi dan sitauasi di desa. Apalagi bangsa dan negara kita ini sedang memasuki tahapan penyelenggaraan politik tentang pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024 mendatang. “Harapan kami di Desa Bungadidi ini agar senantiasa pula dalam situasi Kamtibmas yang kondusif dalam menghadapi fenomena tahun politik tersebut,” imbuhnya.

Dikemukakannya lebih lanjut, bahwa hal yang tidak lupa yang menjadi bahasan melalui rapat koordinasi desa tersebut, mengenai kegiatan gotong royong pada setiap hari Sabtu. “Kita sangat bersyukur warga Desa Bungadidi ini masih sangat kuat menganut budaya tentang semangat kegotong-royongan. Hal ini senantiasa kita pupuk, melalui kegiatan gotong royong pada setiap hari Sabtu tersebut,” ungkap Andi Kaso.

Sedangkan mengenai pelayanan terhadap masyarakat, dijelaskan pula oleh Andi Kaso, bahwa itu sudah menjadi kewajiban untuk dilaksanakan. Maka itupun senantiasa saya tekankan pada jajaran aparat desa sampai pada Ketua RT. “Sebab kita sebagai abdi masyarakat sudah menjadi kewajiban untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap setiap warga,” terangnya.

Jadi pelayanan publik itu, tambahnya, tidak hanya menyangkut dengan soal administrasi kependudukan saja, tapi banyak jenis pelayanan terhadap masyarakat lainnya yang harus pula tanggap untuk segera ditangani.  Seperti contohnya terkait dengan penanganan terhadap berbagai permasalahan di tengah masyarakat, bagaimana agar segera dicarikan solusinya.

“Syukurlah dengan adanya kerjasama yang baik dengan BPD dan jajaran perangkat desa beserta Bhaminkamtimas dan Babinsa serta para stakeholder di desa. Sehingga setiap permasalahan yang timbul di tengah masyarakat bisa kita dicarikan solusi dengan baik,” kunci Kades Bungadidi tersebut. (Made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *