Camat Kamanre Hadiri Penyerahan Bantuan Pendidikan dari BAZNAS Kepada Sejumlah Mahasiswa dan Pelajar Kurang Mampu

News271 views

Tabloid SAR – Badan Amil Zakat Nasoinal (BAZNAS) Kabupaten Luwu menyerahkan langsung bantuan pendidikan bagi mahasiswa dan pelajar kurang mampu di Kecamatan Kamanre. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ini, Selasa (21/06/2023) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kamanre. Tampak hadir Camat Kamanre pada kegiatan penyerahan bantuan BAZNAS tersebut.

Adapun bantuan pendidikan ini totalnya adalah sebesar Rp 4.450.000 untuk diserahkan kepada sembilan mahasiswa dan pelajar penerima manfaat yang sifatnya berkategori kurang mampu. Yakni 2 orang dari mahasiswa dan 7 orang dari pelajar sekolah dasar di Kecamatan Kamanre, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Ketua BAZNAS Kabupaten Luwu, Agun Nas mengemukakan bahwa penyerahan bantuan pendidikan, untuk kategori golongan penerima zakat untuk mahasiswa dan pelajar yang kurang mampu ini. “Untuk kali ini diserahkan kepada 2 orang mahasiswa dan 7 orang pelajar sekolah dasar yang kurang mampu di Kecamatan Kamanre ini,” tuturnya.

Menurutnya, bahwa bantuan ini adalah bersumber dari zakat yang dibayarkan masyarakat yang dikelola oleh BAZNAS Kabupaten Luwu. Jadi ada juga hak bagi anak-anak kita dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi yang sedang menimba pendidikan baik pada tingkat perguruan tinggi hingga pada tingkat sekolah dasar.

Setelah diverifikasi, sambungnya, menurut kemampuan dana pada BAZNAS Kabupaten Luwu, sehingga kita hanya mampu menyalurkan bantuan pendidikan sebesar Rp 4.450.000  ini, untuk 2 orang mahasiswa dan 7 orang pelajar kurang mampu di Kecamatan Kamanre ini.

“Hal ini adalah sebagai bentuk kepedulian BASNAS Kabupaten Luwu dalam upaya membantu anak-anak kita dari mahasiswa dan pelajar yang berkategori keluarga kurang mampu. Hal tersebut, tentunya sebagai bentuk upaya dalam mendorong pengembangan sumber daya manusia bagi generasi kita di Luwu ini ke depan,” bebernya.

Ketua BAZNAS Kabupaten Luwu inipun sangat berharap, agar bantuan ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sekolah anak-anak, terlebih lagi untuk meringankan biaya kuliah bagai anak-anak kita yang sedang menimbah ilmu pengetahuan pada perguruan tinggi tersebut.

“Semoga anak-anak kita yang menerima bantuan ini, kelak menjadi generasi unggul agar kelak mampu berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara serta menjadi generasi yang berahlak mulia,” terangnya.

Sedangkan Camat Kamanre,  Syamsudding SPd MM mengaku sangat mengapresiasi atas adanya kegiatan penyerahan bantuan BAZNAS Kabupatean Luwu terhadap sejumlah mahasiswa dan pelajar sekolah yang kurang mampu ini.

Ia pun juga sangat berharap pada masyarakat Kecamatan Kamanre yang mampu agar memiliki kesadaran untuk senentiasa membayar zakat, seperti salah satunya zakat mal tersebut.

Menurutnya, bahwa dalam harta yang kita dimiliki tersebut terdapat pula hak orang lain. Yakni hak orang tidak mampu, antara lain seperti dengan adanya bantuan pendidikan pada adik-adik kita dari mahasiswa dan pelajar yang kurang mampu ini.

“Hal tersebut, menandakan bahwa zakat yang kita bayar selama ini, memang sangat dimanfaatkan untuk kalangan orang yang kurang mampu,” tutur mantan Camat Basse Santempe tersebut.

Camat Kamanre inipun berpesan agar adik-adik kita dari mahasiswa dan pelajar agar memanfaatkan bantuan pendidikan dari BAZNAS Kabupaten Luwu ini dengan baik. “Semoga, dengan adanya bantuan ini, sehingga dapat meringankan beban dalam menimbah pendidikan dan menuntut ilmu pengetahuan,” harapnya.

Melalui kegiatan penyerahan bantuan pendidikan dari BAZNAS Kabupaten Luwu ini, Syamsudding yang baru saja dimutasi menjadi Camat Kamanre ini,  mengaku sengaja mengundang para pemuka Agama Islam se wilayah Kecamatan Kamanre, untuk merapatkan rencana pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444 Hijriah. Termasuk mengundang para kepala desa untuk mengkoordinasikan kegiatan BAZNAS di tingkat desa.

Kata Samsudding, bahwa ini adalah awal-awal tugas saya sebagai Camat di Kecamatan Kamanre ini. Untuk memaksimalkan pelayanan masyarakat. “Saya juga mengundang BAZNAS untuk melakukan layanan zakat sampai ke tingkat UPZ di Desa,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan penyerahan bantuan pendidikan dari BAZNAS Kabupaten Luwu tersebut, yaitu para Wakil Ketua Baznas, Hamka SAg, Hj Hafisah Saleng, Zainal Abidin, Ketua Persamil Kecamatan Kamanre, para kepala desa dan para tokoh agama se Kecamatan Kamanre. (Basnawir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *