Kembali Tinjau PT BMS di Bua, Bupati Luwu Sambut JK di Bandara I Lagaligo

News480 views

LUWU, Tabloid SAR – Bupati Luwu, H Basmin Mattayang menyambut mantan Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla di Bandara I Lagaligo, Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Selasa (21/02/2023) kemarin. Turut pula menyambut Dandim 1430 Palopo, Letkol Inf Afriadi Nidjo dan sejumlah pejabat Luwu lainnya.

JK, begitu mantan Wakil Presiden RI dua periode ini akrab disapa kembali meninjau progres pembangunan smelter PT Bumi Mineral Sulawesi (BMS) yang berlokasi di Desa Karang-Karangan, Kecamatan Bua tersebut.

Sesuai jadwal, kata Site Manager PT BMS Zulkarnain, bahwa Pak JK dan rombongan berada di Luwu selama dua hari. “Agenda utama kunjungan Beliau ke Luwu adalah memantau progres pembangunan pabrik smelter PT BMS dengan nilai investasi triliunan ini,” bebernya.

Menurut Zulkarnain, pada Rabu (22/02/2023) ini rombongan terlebih dahulu sarapan di Lounge VIP Site Project PT BMS. Kemudian akan mengelilingi Site Visit Proyek Smelter PT BMS, dimulai dari pabrik hingga terminal khusus/Jetty melalui akses hauling PT BMS.

“Jadi itulah agenda kunjungan Pak JK dan  rombongan di PT BMS ini. Sekitar pukul 10.00 WITA, Beliau dan rombongan lalu bertolak menuju Bandara I Lagaligo untuk meninggalkan Luwu,” terangnya.

Zulkarnain lanjut menjelaskan, bahwa PT BMS yang berinvestasi di Kecamatan Bua saat ini masih dalam tahap konstruksi dengan target pekerjaan akan rampung di tahun 2023 ini juga dan langsung memasuki fase produksi.

“Jadi tahapan konstruksi saat ini masih dalam proses pembangunan 2 pabrik Smelter. Pabrik Smelter 1 progres kegiatannya telah mencapai 80%, dengan harapan bisa rampung di pertengahan tahun ini juga,” ungkapnya.

Sedangkan untuk Pabrik Smelter 2 yang akan memproduksi Nickel Sulfate Battery, tambahnya, masih tahap pematangan lahan. “Namun kegiatan konstruksi pondasi Pabrik Smelter 2 itu juga telah dimulai dilaksanakan  sejak diakhir Januari lalu dan ditargetkan akan rampung pada akhir tahun 2023 ini juga,” pungkas Site Manager PT BMS tersebut. (Herman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *