Kades Ta’ba di Bastem Utara Terus Menata Pembangunan Infrastruktur Desanya

News345 views

Tabloid SAR – Desa Ta’ba di Kecamatan Basse Sangteme (Bastem) Utara atau Bastura, merupakan salah satu desa terpencil dan terisolir di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Kendati demikian, namun tampak penataan pembangunan infrastrur pada salah satu desa di wilayah Kecamatan Bastem Utara tersebut. Hal yang paling diprioritaskan adalah pembangunan infrastruktur jalan pedesaan.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Desa Ta’ba, Satin Rutangdo pada media ini Rabu (11/09/2023).

“Kami selaku Pemerintah Desa Ta’ba sangat memanfaatkan APBDes, khususnya Dana Desa untuk menata pembangunan infrastruktur jalan pedesaan,” ucapnya.

Untuk tahun anggaran 2023 ini, ucapnya lebih lanjut,  terdapat sejumlah paket kegiatan infrastruktur pedesaan yang kita bangun. Salah satunya adalah kegiatan pelebaran ruas jalan di Dusun Ta’Ba – Dusun Lengko dengan sepanjang 2.797 meter dan juga sudah selesai dilaksanakan.

“Jadi pelebaran ruas jalan yang menghubungkan kedua dusun ini, kita alokasikan anggara sebesar Rp, 253.263.630,” terang Satin, begitu sapaan akrabnya.

Namun jelasnya, lanjut ia mengemukakan, bahwa kita selalu mengambil keputusan melalui kesempatakan Musyawarah Desa, dalam mengelola APBDes, kususnya Dana Desa untuk dialikasikan pada kegiatan pembangunan infrastruktur pedesaan.

“Jadi itu sudah menjadi azas atas semangat transparansi anggaran yang sudah diatur dalam Jutnis (Petunjuk Teknis) dan Jutlak (Petunjuk Pelaksaaan) tentang pengelolaan Dana Desa,” kata Satin.

Dia pun menambahkan, bahwa dalam hal pelaksanaan kegiatannya pun, warga juga turut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan. “Jadi yang kita tutup-tutupi terhadap pengelolaan Dana Desa tersebut, sebab hanya sumber anggaran ini yang bisa kita andalkan untuk terus menata pembagunan di desa kami ini,” kunci Kepala Desa Ta’ba tersebut. (Herman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *