Melalui Anggaran DAU TA 2022 ini, Dinas PU-PR Kabupaten Luwu Kembali Merekonstruksi dan Merehabilitasi Sejumlah Ruas Jalan

News756 views

Kadis PUPR : Hal Itu Sudah Menjadi Komitmen Bupati untuk Meningkatkan Kesejahteraan Hidup Masyarakat Hingga ke Desa-Desa

 

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Luwu, Sulawesi Selatan  terus mengakselrasi pembangunan infrastruktur jalan. Hal tersebut, begitu nampak kegiatan pembukaan sejumlah ruas jalan baru maupun dalam bentuk kegiatan merekonstruksi sejumlah ruas jalan aspal dan juga merehabilitis sejumlah ruas jalan pedesaan.
Tentunya hal tersebut, sudah menjadi komitmen atas kepemimpinan Bupati Luwu, Dr Drs H Basmin Mattayang MPd, tidak lain untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat hinggga ke desa-desa. Apalagi terjadi keterpurukan kondisi ekonomi selama pandemi Covid-19 ini, sehingga perlunya memacu pembangunan infrastuktur jalan untuk menggerakkan perputaran roda perekonomian masyarakat hingga ke desa-desa.
Sedangkan melalui anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran (TA) 2022 ini, maka Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu, kembali merekonstruksi sejumlah ruas jalan aspal dan juga merehabilitasi sejumlah ruas jalan pedesaan.
Irfan ST, merupakan salah satu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Dinas PUPR Kabupaten Luwu tersebut, mengaku menangani kegiatan pengaspalan sejumlah ruas jalan dan kegiatan pelebaran jalan yang dianggarakan melalui DAU TA 2022 ini.
“Khusus untuk saya sebagai salah satu PPK di Dinas PUPR ini, saya mengelola anggaran DAU TA 2022 ini dengan nilai kontrak keseluruhannya adalah sebesar Rp.  6.713.838.000, untuk dialokasikan pada kegiatan rekonstruksi pengaspalan sembilan ruas jalan dan merehabilitasi satu ruas jalan dalam bentuk kegiatan pelebaran jalan,” tuturnya pada media ini, Selasa (13/12/20220 di ruang kerjanya.
Kepala Bidang (Kabid) Tataruang Dinas PUPR Kabupaten Luwu tersebut, lanjut menjelaskan bahwa anggaran yang terserap pada kegiatan pengaspalan sembilan ruas jalan itu dengan nilai kontrak sebesar Rp. 6.055.971.000. “Namun untuk satu ruas kegiatan pelebaran jalan ruas Desa Pattedong – Desa Tobia  adalah menyerap anggaran dengan nilai kontrak sebesar Rp 657.867.000,” tukasnya.
Tampak sejumlah ruas jalan yang telah rampung kegiatan pengaspalannya di Kabupaten Luwu, sebagaimana yang dianggarkan dari DAU TA 2022 ini.
Ia pun lalu merinci kegiatan pengaspalan kesembilan ruas jalan dimaksud, yakni pengaspalan jalan dalam Desa Tampa, pengaspalan jalan dalam Ibukota Kecamatan Belopa, pengaspalan jalan dalam Ibukota Kecamatan Belopa Utara, pengaspalan jalan dalam Ibukota Kecamatan Ponrang, Pengaspalan jalan ruas PNS  – Padang, pengaspalan jalan Desa Tarramatekkeng-Bide, pengaspalan jalan Cilallang – Toangkajang, pengaspalan jalan ruas Keppe – Buntu Matabing dan pengaspalan jalan ruas Lura  – Minanga Tallu.
Menurutnya, bahwa untuk kegiatan pengaspalan kesembilan ruas jalan tersebut dikerjakan oleh CV Batara. “Adapun kegiatan pelebaran jalan ruas Desa Pattedong – Desa Tobia dikerjakan oleh CV Karya Trisula Mandiri,” imbuhnya.
Kepala Dinas (Kadis) PUPR Kabupaten Luwu, Ir Ikhsan Asaad ST MT lalu menambahkan, bahwa dengan rampungnya kegiatan pembangunan terhadap ruas-ruas jalan tersebut, sehingga sangat diharapkan dapat memberikan manfaat dalam memperlancar arus transportasi warga, sekaligus bisa semakin memacu pertumbuhan perekonomian masyarakat setempat.
“Hal itu sudah menjadi komitmen atas kepemimpinan Opu Bupati (Dr Drs H Basmin Mattayang MPd) sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Luwu hingga ke desa-desa, sebab telah didukung dengan sarana jalan yang sudah layak,” terangnya. (Infotorial/T-SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *