Pemkab Luwu Gelar Musrembang RKPD Tahun 2023

LUWU, Tabloid SAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 yang dilaksanakan pada Kamis (17/3/2022) di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Luwu.

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Luwu, Achmad Awwabin dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan diselenggarakannya Musrenbang Kabupaten RKPD Luwu Tahun 2023 sebagai upaya perluasan partisipasi publik dalam rangka proses perencanaan dengan menampung berbagai masukan dan saran dari stakeholders.

“Ini dalam rangka penajaman, penyelarasan dan penyempurnaan kerangka regulasi dan anggaran yang akan dituangkan dalam RKPD Kabupaten luwu Tahun 2023, untuk selanjutnya akan digunakan sebagai bahan penyusunan RAPD Kabupaten Luwu Tahun 2023,” ungkap Awwabin.

Lanjut ia menjelaskan, jika Musrenbang Kabupaten RKPD Kabupaten Luwu Tahun 2023 dilaksanakan dalam rangka menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program, kegiatan, sub kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi.

“Penyelarasan program, kegiatan dan sub kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi, klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah,” papar Awwabin.

Dilaksanakannya Musrenbang ini, sambungnya, merupakan hasil penjaringan aspirasi masyarakat melalui hasil Musrenbang dari kecamatan dan Forum Konsultasi Publik, beserta Forum OPD  telah ditampung sejumlah usulan secara botton up.

Menurutnya, bahwa total rancangan RKPD Tahun 2023 sebanyak 865 sub kegiatan. Sedangkan usulan hasil Pokir Anggota DPRD sebanyak 1.235 kegiatan dan hasil Musrenbang sebanyak 2.537 kegiatan. “Apabila ditotal secara keseluruhannya maka terdapat 3.772 usulan kegiatan,” terang Kepala Bappelitbangda Kabupaten Luwu.

Sementara Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali juga berharap pihak provinsi dapat segera memperbaiki jalan di Kabupaten Luwu yang banyak mengalami kerusakan. “Pembangunan jalan perlu menjadi prioritas dan harus berdasarkan kewenangan masing-masing,” ujarnya.

Sedangkan Bupati Luwu dalam sambutannya yang dibawakan oleh Sekretaris Daerah Luwu, Sulaiman, mengingatkan komitmen untuk melakukan perbaikan yang mendasar dalam pembangunan daerah dan pelayanan kepada masyarakat.

“Hakikatnya adalah mendekatkan pemerintah kepada rakyat. Sehingga dengan demikian pemerintah akan memperoleh kepercayaan dan dukungan masyarakat, karena dapat memberikan pelayanan dan melaksanakan keinginan masyarakat secara lebih baik, lebih cepat dan lebih tepat dengan azas keadilan dan azas manfaat,” ungkap Sulaiman.

Sulaiman pun berharap seluruh OPD agar pro aktif, mengajukan usulan kepada Kementerian dan Pemerintah Provinsi melalui SIPD sesuai dengan prioritas pembangunan daerah yang sinergi dengan prioritas pembangunan provinsi maupun nasional.

“Kepada masyarakat agar memperhatikan tindak lanjut usulan desa dalam Renja OPD, agar aktivitas pembangunan di desa benar-benar sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat,” tutup Sulaiman. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *