Wakil Bupati Bersama BPN Luwu Gelar Sosialisi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap

LUWU80 views

LUWU. Tabloid SAR – Wakil Bupati Luwu H. Amru Saher, ST didampingi Kepala BPN Luwu, Kajari Luwu, Wakapolres Luwu dan Danramil Suli buka kegiatan Sosialisasi Pensertifikatan Aset Tanah, melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di gedung pertemuan Kecamatan Suli Kabupaten Luwu, Kamis 24 Januari 2019.

Tujuan diadakannya sosialisasi ini, oleh Kepala BPN Luwu Syaifuddin, SH. MH, mengatakan, sering kali terjadi sengketa tanah, yang dipicu oleh, belum adanya jaminan kepastian hukum atas hak tanah tersebut.

” Karena belum adanya jaminan kepastian hukum atas tanah seringkali memicu terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan di berbagai wilayah di Indonesia,” ucapnya

” Selain di kalangan masyarakat, baik antar keluarga, tak jarang sengketa lahan, juga biasa terjadi antar pemangku kepentingan (pengusaha, BUMN dan pemerintah). Hal itu membuktikan pentingnya sertifikat tanah sebagai tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki,” jelasnya

Lambannya proses pembuatan sertipikat tanah selama ini menjadi pokok perhatian pemerintah, oleh karena itu, untuk menanggulangi permasalahan tersebut, pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan program prioritas nasional, yakni Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.

Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki.

Penulis : Echa
Editor : Awi Celebes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *