oleh

Terapkan Protokol Kesehatan, Pemdes Lamasi Pantai Gelar Rapat Penetapan RKPDes TA 2021

WALMAS – NEWSTABLOIDSAR.com – Mengakhiri kegiatan pemerintahan untuk tahun anggaran (TA) 2020 ini. Tanpa terkecuali bagi Pemerintah Desa (Pemdes), maka wajib untuk mempertanggungjawabkan semua bentuk program kegiatan pada TA 2020 tersebut, menurut prinsip-prinsip transparansi anggaran yang sifatnya berakuntabelitas publik.

Hal tersebut, sudah menjadi ketentuan untuk dilaksanakan setiap tahun dalam suatu bentuk kegiatan rapat Musyawarah Desa (Musdes) tentang pembahasan Rencana Kerja Pemerinahan Desa (RKPDes).

Baca Juga :

Alasannya, sebab melalui rapat Mudses RKPDes tersebut, sudah menjadi wadah yang bersifat konstitusional untuk mengevaluasi penyelenggaran pemerintahan di desa, terkait dengan hasil pelaksanaan pembangunan tahun berjalan.

Sekaligus untuk membahas dan menetapkan rancangan program kerja, sebagaimana usulan dari masyarakat, untuk dituangkan ke dalam RKPDes pada TA berikutnya. Tentunya pula harus berdasarkan dengan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) di desa itu sendiri.

Sementara itu, Pemdes Lamasi Pantai, Kecamatan Walenrang Timur (Waltim), Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, telah pula menetapkan RKPDes-nya untuk TA 2021 mendatang. Hal tersebut, sebagaimana yang langsungkan dalam bentuk kegiatan rapat Musdes, pada Selasa ( (17/11/2020) lalu yang digelar di kantor kepala desa tersebut.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan cara menerapkan protokol kesehatan, dengan dihadiri oleh perwakilan dari Pemerintah Kecamatan Walenrang Timur, segenap aparat Pemerintah Desa Lamasi Pantai, Ketua dan para Anggota BPD Desa Lamasi Pantai, para tokoh agama dan tokoh masyarakat  serta unsur masyarakat lainnya di desa tersebut.

Tampak para peserta rapat Musdes RKPDes TA 2021 Desa Lamasi Pantai.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa (Kades) Lamasi Pantai, Mawardi Hermawan di hadapan para peserta Musdes, menyampaikan aspresiasinya terhadap Ketua dan Anggota BPD dan para stakeholder desa beserta segenap warga Desa Lamasi Pantai, atas kerjasama yang diberikan sehingga program kegiatan untuk TA 2020 ini semuanya dapat berjalan sebagaimana harapan.

Hanya saja, lanjut mantan wartawan tersebut menyampaikan, akibat munculnya pandemi Covid-19, untuk hadir melanda peradaban global. Sampai membawa bencana kesehatan bagi kehidupan umat manusia. Hal tersebut, maka tak terlepas pula menimbulkan dampak buruk terhadap sendi-sendi kehidupan di tengah warga di desa kita ini.

Namun kita harus bersyukur, kata Mawardi, sebab pemerinah hadir di tengah masyarakat untuk menyalurkan barbagai jenis bantuan sosial (Bansos), sebagai bentuk upaya dalam menguatkan kehidupan ekonomi, utamanya bagi keluarga miskin dan rentan sebagai stimulus selama masa pandemi tersebut.

Sedangkan salah satu bentuk stimulus tersebut, sambungnya, yakni berupa Bantuan Langsung Tunia (BLT) yang diciarkan melalui Dana Desa atau juga disebut BLT-DD. “Hal tersebut, sebagaimana yang telah beberapa tahap kita disalurkan pada pihak keluarga penerima manfaat (KPM) selama masa pandemi ini,” ungkapnya.

Mawardi lanjut menyampaikan, kendati sebagaian Dana Desa dialokasikan untuk BLT. Akan tetapi, kita tetap melaksanakan beberapa kegiatan pembangunan infrastruktur yang dianggap prioritas dan sudah menjadi kebutuhan mendesak untuk dimanfaatkan masyarakat.

Kembali Kades Lamasi Pantai menegaskan bahwa kegiatan Musdes RKPDes ini, tentunya merupakan wadah bagi BPD dalam menyampaikan pokok-pokok pikirannya. Termasuk sebagai bentuk instrumen penilaian terhadap kinerja perangkat desa, terlebih lagi dalam mengukur efektivitas pelaksanaan tugas kepala desa.

Lanjut ia mengemukakan, bahwa adapun hasil rumusan yang telah disepakati melalui Musdes RKPDes ini, akan menjadi pedoman bagi Pemerintah Desa Lamasi Pantai untuk melaksanakan rencana program kerja pada TA 2021 mendatang.

“Kita pun sangat berharap pada hasil penetapan RKPDes tersebut, akan lebih dapat membawa kemajuan bagi desa kita, khususnya dalam memacu pembagunan infrastruktur pedesaan, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa kita ini,” terangnya.

Mawardi lalu menambahkan, melalui forum ini, saya menghimbau agar warga senantiasa mematuhi protokol kesehatan, sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di desa kita ini, dengan cara selalu makai masker, mencuci tangan dengan sabun serta senantiasa menjaga jarak sosial dan jarak fisik.

“Terlebih lagi jika setiap saat beraktifitas di luar rumah, maka sebaiknya menghindari tempat-tempat keramaian. Dengan harus pula patuh untuk tertip menerapkan protokol kesehatan, demi menjaga keselamatan diri sendiri dan melindungi keluarga di rumah masing-masing dari penularan Covid-19 yang sangat mematikan tersebut,” kunci Kades Lamasi Pantai tersebut.

Untuk diketahui, bahwa melalui Musdes RKPDes Desa Lamasi Pantai tersebut, sehingga ditetapkan rencana kerja pada TA 202,1 berupa pengadaan lampu jalan sejumlah 100 titik, kegiatan jalan tani ke pantai, pembangunan plat dekker sejumlah 3 titik

Selain pembuatan jembatan penghubung 4 titik dan saluran pipa pembangunan serta pembangunan talud di Dusun Pissare dan pembangunan draenase di Dusun Karamae.

Termasuk pembenahan sarana olahraga lapangan volly,  pengadaan CCTV pada titik-titik rawan, pembangunan gerbang desa, penguatan modal BUMDes, program pencegahan stanting/Paud dan insentif pegawai sara’. (Jir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed