oleh

Terapkan Protokol Kesehatan, Pemdes Karatuan Tuntaskan Penyaluran BLT-DD Tahap VI

LUWU, NEWSTABLOIDSAR.com – Akibat masih memfenomenalnya dampak krusial pandemi Covid-19, sehingga masih saja menimbulkan bencana kesehatan untuk melanda peradaban global yang hingga saat ini. Menyebabkan kehidupan ekonomi ikut mengalami keterpurukan.

Hal itulah sehingga pemerintah menempuh langkah kebijakan untuk berupaya menanggulangi penyebaran pandemi tersebut.  Sekaligus mengambil berbagai langkah kebijakan disektor ekonomi. Termasuk kebijakan jaring pengaman sosial untuk menguatkan ketahanan pangan masyarakat, khususnya pada tingkat komunitas akar rumput yang dianggap rentan mengalami krisis pangan tersebut.

Baca Juga :

Adapun salah satu kebijakan pengaman sosial tersebut, berupa penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) melalui Tahun Anggaran (TA) 2020 ini. Untuk pencairannya dilakukan secara bertahap kepada pihak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di desa-desa.

Babinsa Desa Karatuan saat menyelahkan secara simbolis BLT-DD pada salah satu keluarga penerima manfaat, tampak disaksikan oleh Babinkamtimas Desa Karatuan.

Begitupun halnya Pemerintah Desa (Pemdes) Karatuan, Kecamatan Basse Sangtempe’ Utara atau Bastem Utara dan kadang juga disingkat Bastura, telah menuntaskan penyaluran BLT-DDnya untuk tahap VI, pada Rabu (7/10/2020) lalu.

Di mana kegiatan penyaluran BLT-DD tersebut dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Karatuan. Dipimpin langsung oleh Kepala Desa Karatuan, dengan disaksikan oleh Babinsa, Babinkantibmas, BPD dan aparat pemerintah desa setempat serta awak media Tabloid SAR yang hadir meliput.

Kepala Desa Karatuan, Aslin Takbi dalam sambutannya menyampaikan, bahwa BLT-DD yang disalurkan pada tahap VI ini adalah nominal besarannya Rp 300 ribu untuk setiap keluarga penerima manfaat perbulan. “Hal ini adalah mendasari Jutnis (Petunjuk Teknis)  yang dikeluarkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,” tukasnya.

Aslin Takbi  juga menyampaikan apresiasinya, sebab semua yang hadir terlebih lagi pada para keluarga penerima manfaat semuanya memakai masker. “Hal ini sangat saya apresiasi, sebab kita semua sudah mulai sadar dan patuh serta disiplin terhadap ketentuan protokol kesehatan,” ucapnya.

Harapannya, meskipun nominalnya tidak lagi seperti pada penyaluran sebelumnya, yakni sebesar Rp. 600 ribu perbulan yang diterima setiap keluarga penerima manfaat.

“Jadi melalui penyaluran BLT-DD kali ini, sehingga mengalami penurunan nominal menjadi Rp. 300 ribu perbulan, untuk setiap keluarga penerima manfaat, agar kiranya dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan rumah tangga,” ucap kepala desa yang dikenal ramah dan sangat familiar tersebut.

Hal ini, lanjut ia mengakatan, jadi mesti kita syukuri atas adanya kehadiran pemerintah untuk memberikan BLT-DD di tengah masih memfenomenalnya pandemi Covid-19 tersebut. “Paling tidak dapat meringankan beban kehidupan kita dalam suasana ekonomi sedang mengalami keterpurkan sekarang ini,” tuturnya.

Lebih lanjut Aslin Takbi menjelaskan, bahwa penyaluran BLT ini adalah bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2020 ini. Untuk tahap ini dibagikan sebesar Rp 300 ribu setiap bulan kepada setiap keluarga penerima manfaat, selama tiga bulan berturut-turut terhitung dari  bulan Juli, Agustus dan September 2020. “Jadi setiap keluarga penemima manfaat, maka total nominal yang diterimanya adalah sebesar Rp 900 ribu,” imbuhnya.

Lalu ia menambahkan, bahwa selain dilakukan penyaluran BLT-DD. Ada juga bantuan dalam bentuk lainnya, seperti PKH, BPNT, BST dan paket sembako yang juga akan disalurkan kepada warga yang rentan terdampak Covid-19 di desa kita ini.

“Jadi semua bantuan ini, menjadi bukti adanya kepedulian dari pemerintah, sebagai bentuk upaya untuk menguatkan ketahanan pangan keluarga, dalam menghadapi pandemi yang sifatnya berdampak krusial timbulkan keterpurukan kehidupan ekonomi masyarakat hingga saat ini,” pungkas Kepala Desa Karatuan tersebut. (Herman/Ories)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed