Surat Pembaca : Ucapan Terima Kasih dan Apresiasi Buat Kajari Luwu, Bapak Gede Edy Bujanayasa SH MH

oleh -379 views

* * Terkait dengan Penerapan Peradilan Anak Melalui Pendekatan Pembinaan Program Pelatihan Kerja

Dengan hormat,

Kami dari Aktivis Pembela Arus Bawah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Luwu, Bapak Gede Edy Bujanayasa, SH. MH. dalam menerapkan penanganan hukum terhadap tersangka di bawah umur, melalui sistem peradilan anak yang bersifat pembinaan dalam bentuk pelatihan kerja. Maksudnya, supaya dapat memiliki skil bersifat teknik sebagai bekal ketika memasuki usia kerja produktif ke depan.

Seperti contohnya, kasus dugaan pidana yang menjerat tersangka seorang anak di bawah umur bernama Ade Gerson Alias Ade Bin Gerson, umur 16 tahun, berdasarkan Surat Perintah Pengeluaran Tahanan yang dikeluarkan Polsek Lamasi Nomor : SP.Han/19.d/XI/2018/Reskrim tanggal 07 November 2018. Saat ini, tersangka sedang dititipkan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Luwu di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Palopo, untuk selanjutnya dilimpahkan pada Pengadilan Negeri Belopa.

Sebagaimana yang dikemukakan oleh Kajari Belopa, Bapak Gede Edy Bujanayasa, SH. MH. pada Kamis 8 November 2018, bahwa akan melakukan tuntutan terhadap terdakwa Ade Gerson, dengan cara diversi untuk dititipkan pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dan Lembaga Penempatan Anak Sementara (LPAS) Makassar.

Hal tersebut, supaya dibina dalam bentuk program pelatihan kerja menurut bakat yang dimikinya, supaya dapat memiliki keahlian teknis sebagai bekal saat memasuki pangsa pasar lapangan kerja atau dapat membuka lapangan kerja sendiri yang bersifat mandiri. Contohnya, diharapkan nantinya dapat membuka bengkel menurut keahlian yang diperoleh melalui program latihan kerja pada LPKA atau LPAS di Makassar tersebut.

Demikian ucapan terima kasih dan Apresiasi dari kami buat Bapak Kajari Luwu, atas kepeduliannya dalam memberikan perlindungan anak melalui sistem peradilan anak, sekali lagi kami haturkan terima kasih.

Hormat kami,
Aktivis Pembela Arus Bawah

Rahmat K. Foxchy
Direktur Eksekutif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *