oleh

Sukses Pengukuhan Sindo’ Christina Titien Sumbu sebagai Puang Sembang Kada ri Kanna

Moses Sumbu, Ucapkan Terima Kasih Atas Dukungan Semua Kalangan

 

Baca Juga :

LUWU, Tabloid SAR – Upacara Adat To’koan (Pengukuhan) Sindo’ Christina Titien Sumbu sebagai Puang Sembang Kada ri Kanna, Basse Sangtempe. Walau mendapat reaksi penolakan dari sekelompok warga, namuan tak terlepas pula mengalir apresiasi dari barbagai pihak, khususnya dari kalangan tokoh adat.

Seusai prosesi atas pengukuhan Puang Sembang Kada ri Kanna, sebagaimana yang digelar pada Rabu 15 Januari 2020 lalu di Tongkonan Pollo’ Tondok tersebut, Juru Bicara Panitia Upacara Adat To’koan, Moses Sumbu menyampaikan bahwa sebelum pengukuhan ini dilaksanakan, pihaknya sudah menemui sejumlah To Parengnge’ di lingkup wilayah tatanan adat Sembang Kada ri Kanna. Termasuk Puang Parengnge’ Kanna, Puang Palaen.

“Kita terlebih dahulu sudah minta restu dari Om Puang Palaen, mengenai agenda pelaksanaan pengukuhan Sindo’ Christina Titien Sumbu sebagai Puang Sembang Kada ri Kanna. Beliau sama sekali tidak menyampaikan keberatannya,” tutur Moses pada media ini.

Lanjut ia menuturkan, namun anehnya tapi justru muncul penolakan, baik dalam bentuk pemasangan spanduk pada sejumlah titik lokasi maupun dalam bentuk aksi demonstrasi.

“Namun jelasnya, bahwa kita sudah soan (audiens –red) dengan Puang Om Palaen, sebagai bentuk penghormatan sebagai keluarga. Jadi kita tidak harus terpengaruh dengan aksi-aksi penolakan oleh sekelompok warga tersebut. Kita pun sangat bersyukur, sebab upacara pengukuhan ini dapat berlangsung dengan baik dan sukses,” kata Moses.

Pada kesempatan itu pula, Moses menyampaikan apresiasinya kepada para To Parengnge’ yang telah memberikan dukungannya terhadap pengukuhan Sindo’ Christina Titien Sumbu sebagai Puang Sembang Kada ri Kanna ini.

Dijelaskannya lebih lanjut, bahkan para To Parengnge’ yang tidak sempat hadir, sebelumnya juga sudah ditemui pihak keluarga. “Ternyata mereka sangat memberikan dukungannnya,” imbuh dia.

Lebih lanjut Moses menyampaikan rasa terima kasihnya pada berbagai kalangan, atas dukungan yang diberikan, sehingga pelaksanaan upacara adat pengukuhan Puang Sembang Kada ri Kanna ini dapat berlangsung dengan baik dan suskses.

“Khususnya kepada Bapak Kapolres Luwu, AKBP Dwi Santoso yang telah menempatkan sejumlah personilnya dalam mengawal kegiatan ini, akhirnya dapat berlangsung dalam suasana aman,” pungkasnya. (Liputan SEN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed