oleh

Sebanyak 100 KPM di Desa Kasiwiang Kembali Terima BLT-DD

LUWU, TABLOIDSAR.news – Pemerintah Desa Kasiwiang, Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap V dan Tahap VI pada Sabtu (10/10/2020) lalu.

Kegiatan tersebut dilangsungkan di Balai Desa Kasiwiang, dipimpin langsung oleh Kepala Desa Kasiwiang dan tanpak disaksikan Ketua dan anggota BPD, Babinkamtibmas, Babinsa dan dihadiri oleh 100 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di desa tersebut.

Baca Juga :

Kepada awak media Tabloid SAR, Kepala Desa Kasiwiang, Syamsu Rijal menyampaikan bahwa pihak pemerintahannya telah kembali menyalurkan BLT-DD terhadap 100 keluarga penerima manfaat di desanya. “Untuk tahap ini, maka masing-masing keluarga penerima manfaat menerima bantuan dengan nominal sebesar Rp 300 ribu perbulan,” tuturnya.

Lanjut ia menyampaikan, jadi mengenai besaran nominal atas penyaluran BLT-DD untuk setiap keluarga penerima manfaat pada tahap ini, berdasarkan Jutnis (petunjuk teknis –red) dari pemerintah pusat. “Jadi ketentuannya ditetapkan Rp 300 ribu perbulan untuk setiap keluarga penerima manfaat,” terangnya.

Harapan saya, sambungnya, kiranya bantuan ini dapat digunakan sebaik-baiknya bagi keluarga penerima manfaat, di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid-19 sampai sekarang. “Hal ini merupakan bukti kehadiran pemerintah untuk meringankan beban ekonomi masyarakat, khususnya dalam menghadapi bencana kesehatan yang sedang melanda saat itu,”papar Syamsul Rijal.

Seperti tahap sebelumnya, kata Syamsul, kita juga menerapkan protokoler kesehatan saat menyalurkan BLT-DD pada tahap ini.  “Saya pun sangat mengapresiasi pada semua pihak hadir, karena semuanya sudah disiplin menggunakan masker,” tukasnya.

Melalui media ini, Kepala Desa Kasiwiang tak lupa pula menghimbau masyarakatnya, agar senantiasa mengikuti protokoler kesehatan. Khususnya, jika memiliki aktifitas di luar rumah, terutama pada kegiatan-kegiatan acara yang sifatnya banyak orang berkumpul, supaya selalu tertip menggunakan masker dan senantasa pula jaga jarak serta rajin cuci tangan dengan sabun.

Apalagi, lebih lanjut ia menyampaikan, sedang digelar operasi yustisia Covid-19 di Kabupaten Luwu ini. Sehingga saya menghimbau pada segenap masyarakat Desa Kasiwiang, agar selalu menggunakan masker jika bepergian ke mana-mana.

“Soalnya akan dikenakan sanksi hukum oleh tim operasi yustisia Covid-19, apabila terdapat warga yang ketahuan tidak menggunakan masker. Sebab tim operasi yustisia tersebut, terdiri dari pihak kepolisian, TNI dan Satpol PP,” ucapnya.

Mengenai digelarnya opersi yustisia Covid-19 tersebut, tambahnya, sebagai bentuk pelaksanaan terhadap Instruksi Presiden  Nomor 6 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati Luwu Nomor 107 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Jadi sangat perlu saya tekankan pada segenap warga Desa Kasiwiang, agar selalu tertip menggunakan masker, apabila ada aktifitas di luar rumah atau memiliki urusan di luar desa. Hal ini juga untuk menjaga kesehatan diri kita dan keluarga di rumah dari bahayanya penularan Covid-19 tersebut,” tandas  Syamsul Rijal. (Haryono)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed