oleh

Puluhan KK di Lembang Benteng Mamullu Kabupaten Torut dapat Program BSPS atau Bedah Rumah

TORAJA, Tabloid SAR – Tahun ini, puluhan Kepala Keluarga (KK) di Lembang (Desa) Benteng Mamullu, Kecamatan Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan, mendapatkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menurut, Kepala Lembang Benteng Mamullu, Asto Todingrante beberapa waktu lalu, pihaknya ditemui Tim Fasilitator Pendamping Lapangan program BSPS. Asto bersama jajarannya diminta untuk mendata warganya yang kurang mampu atau miskin dan tinggal dalam rumah tidak layak huni (RTLH).

“Tim itu, meminta kami untuk mendata warga Lembang Benteng Mamullu yang berpenghasilan rendah atau miskin, dan tinggal dalam RTLH. Selain mendata, kami juga disuruh mengambil foto rumah warga yang kami data. Termasuk meminta dokumen warga, seperti KTP dan KK untuk diserahkan kepada Tim Fasilitator Pendamping Lapangan program BSPS,” kata Asto saat dikonfirmasi wartawan Tabloid SAR, Senin (19/04/2021).

Oleh karena itu, sambung Asto, kami mendata 50 KK warga Lembang Benteng Mamullu untuk mendapatkan program BSPS tersebut. Namun dari 50 KK yang kami usulkan, hanya 21 KK yang keluar namanya sebagai penerima manfaat program BSPS ini.

“Meski hanya 21 KK warga kami yang mendapat bantuan bedah rumah ini, namun kami tetap besyukur. Karena baru kali ini warga Lembang Benteng Mamullu,mendapatkan bantuan bedah rumah. Semoga kedepannya, program serupa bisa menyasar warga kami, agar semua warga kami bisa tinggal dalam rumah layak huni,” ujarnya.

Selain itu, Asto menjelaskan, total nilai bantuan untuk program BSPS tersebut, sebanyak Rp 20 juta bagi setiap warga penerima manfaat.

“Anggaran untuk program ini, Rp 20 juta bagi setiap sasaran program. Dana sebanyak Rp 20 juta itu, untuk membiayai rehab rumah warga. Itu sudah termasuk, harga bahan atau material yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah warga, seperti papan kayu, atap seng, semen, pasir, batu dan lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Asto menyebutkan, bantuan senilai Rp 20 juta tersebut, selain untuk biaya material bangunan di dalamnya juga sudah termasuk gaji tukang.

“Anggaran yang berumber dari Kementrian PUPR tersebut, hanya Rp 20 juta untuk setiap KK. Sebanyak Rp 17.500.000 untuk harga bahan bangunan, dan Rp 2.500.000 untuk ongkos kerja atau gaji tukang. Karena anggarannya sedikit, maka kekurangan biaya rehab rumah warga, menjadi tanggungan pemilik rumah. Yang artinya diswadaya,” sebutnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala Lembang Benteng Mamullu mengungkapkan, pihaknya berterima kasih kepada Anggota Fraksi PDI-Perjuangan DPR RI dari Dapil III Sulsel, Sarce Bandaso Tandiasik atas bantuan tersebut.

“Mewakili masyarakat dan jajaran Pemerintah Lembang Benteng Mamullu, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Ibu Sarce Bandaso Tandiasik. Karena program ini, merupakan dana aspirasi beliau,” ucap Asto.

Untuk diketahui, Kementrian PUPR dalam Tahun Anggaran (TA) 2021 menggelontorkan anggaran trilliunan rupiah untuk sejumlah daerah di Indonesia dalam rangka membiayai pembangunan sejuta rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) atau masyarakat kurang mampu/miskin yang tinggal dalam rumah tidak layak huni (RTLH).

Pembangunan sejuta rumah layak huni tersebut, dikemas dalam dua jenis program, yakni Bedah Rumah untuk MBR yang tinggal dalam RTLH di wilayah perkotaan dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) bagi MBR yang tinggal dalam RTLH di wilayah pedesaan.

Program Bedah Rumah anggarannya bersumber dari APBN TA 2021, sedangkan program BSPS dari Dana Alokasi Khusus (DAK) TA 2021.

Meski kedua program tersebut berbeda sumber mata anggarannya, namun keduanya mendapat alokasi anggaran atau biaya yang sama sebanyak Rp 20 juta untuk setiap unit rumah.

Diketahui pula, jatah program Bedah Rumah untuk wilayah perkotaan di kawasan kumuh Kabupaten Torut lebih dari 400 unit. Sementara jatah BSPS untuk wilayah pedesaan di Kabupaten Torut, sebanyak 136 unit.

Penulis : Ely Malino

Editor : William Marthom

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed