PKS Tolak Sanksi Denda Untuk Rakyat Yang Enggan Divaksin

NASIONAL205 views

JAKARTA – Kebijakan pemerintah memberikan sanksi denda kepada masyarakat yang menolak divaksin tak disetujui Fraksi PKS DPR RI.

“Fraksi PKS menolak saksi denda kepada warga yang tidak mau divaksin. Harusnya pemerintah memasifkan edukasi dan penyadaran publik untuk ketat menjaga prokes dan mau divaksin dengan kesadaran penuh,” kata ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini, Selasa (29/6).

Beleid yang diatur dalam Perpres 14/2021 tentang Perubahan atas Perpres 99/2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 tidak tepat. Terlebih ketersediaan vaksin belum sepenuhnya cukup untuk seluruh warga.

Jazuli meminta pemerintah fokus pada upaya untuk memenuhi ketercukupan kebutuhan vaksin kepada seluruh masyarakat Indonesia, sebelum berpikir untuk denda masyarakat.

“Kondisi di lapangan, masyarakat masih sulit memperoleh vaksin. Kalau pun ada, tempat pengadaan vaksin terbatas dan antrean mengular sehingga rentan juga untuk prokesnya,” kritiknya.

Bagi PKS, Covid-19 merupakan wabah baru yang memerlukan proses edukasi dan penyadaran yang masif dan luas dari semua pihak.

“Oleh karena itu perlu melibatkan seluruh komponen bangsa. Libatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, ormas dan lainya untuk saling menjaga dari penyebaran Covid,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *