oleh

Pemkab Lutim Berangkatkan Relawan Kemanusian ke Sulbar

LUTIM, Tabloid SAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur, Sulawesi Selatan, berangkatkan tim relawan kemanusian munuju Kabupaten Majene dan Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) guna membantu para korban bencana gempa bumi di wilayah tersebut.

Rombongan tim relawan itu, diberangkatkan Wakil Bupati Luwu Timur (Wabup Lutim), Irwan Bachri Syam, didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lutim, M. Zabur di halaman Kantor BPBD Lutim, Sabtu (16/1/2021).

Baca Juga :

Para personil yang dikerahkan Pemkab Lutim tersebut, terdiri dari Tim Rescuer Basarnas, serta para petugas kesehatan yang sudah terlatih dan berpengalaman dalam penanganan bencana secara nasional.

Wabup Irwan, mengatakan bahwa ini merupakan upaya Pemkab Lutim untuk membantu warga yang sedang tertimpa bencana di Mamuju dan Majene, Sulbar.

“Mudah-mudahan dengan niat tulus kita untuk membantu keluarga kita di Sulawesi Barat, bisa dirahmati Allah SWT,” kata Irwan dalam acara pemberangkatan para tim relawan asal daerah berjuluk Bumi Batara Guru tersebut.

Sementara itu, Kepala BPBD Lutim, M. Zabur menyebutkan, bantuan kali ini merupakan tahap awal. Mereka yang berangkat hari ini, akan berkoordinasi dengan Tim Basarnas di sana untuk tindakan lebih lanjut dan akan membuat posko selama beberapa hari guna menyesuaikan diri dengan kondisi di lapangan.

“Setelah semuanya sudah siap, akan dilanjutkan dengan mengirimkan berbagai macam bantuan untuk para korban bencana. Adapun jenis bantuan yang akan dikirim nantinya yakni berupa obat-obatan, makanan, mie instan, air mineral, dan alat tidur,” sebutnya.

Untuk diketahui, sejak Kamis hingga Jumat 14 – 15 Januari 2021, telah terjadi serangkaian gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Majene dan Mamuju di Sulbar.

Akibat gempa tersebut, sejumlah gedung dilaporkan rusak, termasuk Kantor Gubernur Sulbar dan Rumah Sakit Mamuju. Gempa berskala 6,2 magnitudo yang mengguncang sejumlah wilayah di Sulbar pada Jumat, 15 Januari 2021 sekitar pukul 02.28 WITA dini hari itu juga mengakibatkan puluhan korban jiwa hingga saat ini.

Penulis : Octovianus

Editor : William Marthom

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed