oleh

Pemerintah Kecamatan Makale Selatan Salurkan Basos Kemensos

Amos : BST Itu Disalurkan pada Selumlah 252 Warga

 

TORAJA, NEWSTABLOIDSAR.com – Berbagai program jaring pengaman sosial (JPS) yang dikucurkan pemerintah dalam bentuk Bantuan Sosial (Bansos) kepada keluarga miskin dan rentan sebagai stimulus di masa pandemi Covid-19 hingga saat ini.

Baca Juga :

Adapun diantara bantuan tersebut, salah satunya bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) dalam bentuk Bantuan Sosial Tunai (BST). Untuk dikucurkan pada semua pemerintah daerah di seluruh Indonesia, termasuk pada pihak Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Sedangkan salah satu penerima Bansos di Kabupaten Tana Toraja tersebut adalah warga di Kecamatan Makale Selatan. Hal itu, telah pula disalurkan oleh pihak Pemerintah Kecamatan Makale Selatan, pada Rabu (11/11/2020) lalu, dengan tak terlepas menerapkan protokol kesehatan.

Saat penyaluran BST di Kantor Camat Makale Selatan tersebut, turut pula diliput oleh awak media Tabloid SAR. Camat Makale Selatan, Amos Rante Padang SE MSI pada awak media ini, menyampaikan bahwa terdapat 252 warganya yang mendapatkan BST dari Kemensos ini.

Menurutnya, bahwa Bansos itu dalam bentuk BST dan hanya diperuntukkan bagi keluarga miskin dan rentan sebagai stimulus di masa pandemi Covid-19 ini. “Jadi setiap kepala keluarga masing-masing menerima nilai nominal sebesar 300 ribu,” tutur Amos.

Camat Makale Selatan yang juga turut didampingi Lurah Sanda Bilik, Tampangallo SP lanjut mengemukakan, bahwa kita sangat mengedepankan asas transparansi atas pelaksanaan kegiatan penyaluran BST terhadap warga kami ini.

Amos pun mengaku sangat berterima kasih, sekaligus mengucapkan apresiasinya atas kehadiran rekan dari media Tabloid SAR, sehingga juga dapat hadir untuk meliput adanya kegiatan penyaluran Bansos dari Kemensos terhadap warganya tersebut.

“Saya pikir ini merupakan suatu bentuk kerjasama yang baik, sebagai wujud untuk menjalin semangat kemitraan pers, khususnya dalam mengakses transparansi informasi publik, terhadap kegiatan penyaluran BST pada warga kami ini,”akunya.

Pada kesematan itu, Camat Makale Selatan dihadapan warga selaku penerima manfaat sangat mengharapkan agar Bansos ini, meskipun tidak seberapa nilainya tapi harus betul-betul dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga.

“Jadi paling tidak dapat meringankan beban ekonomi keluarga di tengah kesulitan hidup akibat dari dampak buruk yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 yang masih saja melanda hingga saat ini,”harapnya.

Amos tak lupa pula menghimbau, bahwa perlunya masyarakat untuk senantiasa patuh dan tertip dalam menerapkan protokol kesehatan demi bersama-sama memutus mata ranati penyebaran Covid-19 tersebut.

“Saya menghimbau agar warga selalu menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun serta senantiasa jaga jarak sosial dan fisik. Terlebih jika keluar rumah dan sebaiknya menghindari tempat-tempat keramaian,” begitu ia perpesan pada warganya.

Soalnya, tambah dia, sebab Covid-19 merupakan wabah yang sangat nyata mematikan, meskipun Toraja sudah dinyatakan sebagai zona hijau penyebaran pandemi ini. “Tentunya kita harus tetap waspada untuk selalu patuh dan tertip untuk setiap saat menerapkan protokol kesehatan,”kunci Camat Makale Selatan tersebut. (Ely)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed