oleh

Pemerintah Lembang Simbuang di Tona Toraja Kembali Salurkan BLT-DD

TORAJA-NEWSTABLOIDSAR.com – Di masa pandemi Covid-19 hingga saat ini, dengan segala permasalahan dampak krusial yang ditimbulkan terhadap peradaban umat manusia di era milenial sekarang ini.

Pada gilirannya, sehingga membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk meluncurkan berbagai program jaring pengaman sosial (JPS) dalam bentuk sejumlah Bantuan Sosial (Bansos) kepada keluarga miskin dan rentan sebagai stimulus selama masa pandemi tersebut.

Baca Juga :

Adapun salah satu Bansos tersebut, dalam bentuk Batuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), jika di Toraja disebut dengan istilah Anggaran Pendapatan Belanja Lembang (APBL).

Seperti telah diketahui bahwa Dana Desa tersebut, dari sejak tahun 2015 dikucurkan pihak pemerintah pusat untuk dialokasikan melalui APBDes, guna mengakselerasi program pembangunan infrastruktur di pedesaan, selain untuk mendorong program pemberdayaan masyarakat desa.

Halnya bagi Pemerintah Lembang Simbuang, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, selama masa pendemi Covid-19 ini, telah pula beberapa kali menyalurkan BLT-DD yang dicairkan dari APBL-nya melalui TA 2020 ini.

Kepada media ini, Kepala Lembang Simbuang, Matius Kudi’ Lawatta, menyampaikan jika pihak pemerintahannya kembali menyalurkan BLT-DD pada Jumat lalu, 13 Oktober 2020.

Menurutnya, bahwa terdapat 172 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima BLT-DD, masing-masing kepala keluarga mendapat bantun perbulan dengan nominal sebesar Rp 300 ribu.

Matius lanjut menyampaikan bahwa penyaluran BLT-DD tersebut, sebagai bukti hadirnya pemerintah di tengah masyarakat yang sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat dampak buruk dari mewabahnya Covid-19 tersebut.

Saya atas nama pemerintah sangat berharap, sambungnya, agar warga selaku penerima manfaat dapat mengalami keringanan beban hidup dalam menghadapi masa pendemi ini. “Kecil memang nominalnya, tapi sangat menolong kehidupan masyarakat di desa kami ini, khususnya bagi yang terdampak pandemi tersebut,” ucap dia.

Harapan kita, tutur Matius lagi, supaya BLT-DD tersebut benar-benar dimanfaatkan warga penerima manfaat untuk memenuhi kebutuhan keluarganya masing-masing. “Tentu, khususnya dalam menguatkan ketahanan pangan bagi warga penerima manfaat tersebut,” imbunya

Ia pun lanjut mengemukakan, bahwa mengenai adanya kegiatan  penyaluran BLT-DD tersebut, dilakukan di Kantor Lembang Simbuang, dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan.

Pada kesempatan itu, saya selaku Kepala Lembang, tak lupa pula menghimbau warga Simbuang agar senantiasa tertip dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Seperti, selalu menggunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun, serta senantiasa pula menjaga jarak sosial dan fisik, khususnya jika berada pada tempat-tempat keramaian.

“Kami selaku Pemerintah Lembang Simbuang selama ini, tak pernah henti-hentinya juga menghimbau warga, agar senantiasa patuh dalam menerapkan protokol kesehatan, terlebih jika memiliki aktivitas di luar rumah,” terangnya.

Matius lalu menambahkan, soalnya Covid-19 tersebut merupakan suatu wabah yang sudah sangat nyata banyak menelan korban jiwa di mana-mana. “Harapan di desa kami ini, tidak ada warga yang terpapar wabah tersebut,” kunci Kepala Lembang Simbuang tersebut. (Ely)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed