oleh

Pemdes Tumale Kembali Salurkan BLT-DD Kepada 125 KK

NEWSTABLOIDSAR.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Tumale, Kecamatan Ponrang, Kabupaten Luwu, kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahap l Bulan Januari Tahun 2021. Itu setelah sebelumnya sukses melakukan verifikasi 125 KK Keluarga penerima manfaat (KPM) di lapangan bersama BPD dan tokoh masyarakat.

Penyerahan bantuan tersebut dilangsungkan di Kantor Desa Tumale, Senin (03/05/2021). Proses penyerahannya, mengikuti prosedur protokol kesehatan (prokes).

Jumlah penerima manfaar BLT-DD tahun ini mengalami penurunan usai dilakukan verifikasi. Dimana total penerima tahun sebelumnya sebanyak 266 kepala keluarga. Pengurangan itu merupakan hasil verifikasi dilanjutkan dengan musyawarah desa khusus (musdesus).

Kepala Desa Tumale Markus pada media ini menjelaskan, bahwa dana yang dibagikan pada masyarakat dalam bentuk BLT bersumber dari Dana Desa tahun 2021, untuk disalurkan kepada 125 KPM atau Keluarga Penerima Manfaat, masing-masing penerima manfaat mendapatkan sebesar Rp300.000.

“Jadi yang berhak menerima bantaun langsung tunai BLT DD adalah mereka yang tidak mendapatkan bantuan PKH, BPNT, Bansos dan memang benar-benar dalam kategori miskin selama masih dalam pandemic Covid-19. Selain itu, kami juga membagikan masker kepada masyarakat,” tuturnya.

Ia juga mengatakan kalau ini merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat melalui pemerintah desa terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19.

Markus lanjut menjelaskan, jika pihaknya memberlakukan protokol kesehatan pada kegiatan penyaluran BLT tersebut, seperti jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan dengan sabun.

“Ia, kita sudah lakukan sesuai prosedur himbauan Pemerintah, untuk menghindari terjadinya potensi penularan Covid-19,” imbuhnya.

Selain itu, ia pun menambahkan, kita juga menghimbau pada masyarakat, apabila setiap ke luar rumah, agar menghindari tempat-tempat keramaian, dengan senantiasa mematuhi protokol kesehatan.

“Hal itu supaya warga ikut berkontribusi dalam memutus mata rantai potensi penyebaran Covid-19, khususnya untuk menjaga keselamatan keluarga di rumah masing-masing dari penularan wabah tersebut,” pungkas Kepala Desa Tumale itu.

Pada kesempatan yang sama PDP Kecamatan Ponrang Ihsan menyampaikan dengan adanya bantuan ini, semoga dapat meringankan beban bagi penerima manfaat di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kita harapkan Bapak/Ibu penerima bantuan membelanjakannya untuk kebutuhan pokok dalam keluarga,” harapnya.

Kembali ia menegaskan perlunya warga Desa Tumale tetap mematuhi disiplin protokol kesehatan. “Ya, tetap mengikuti anjuran pemerintah seperti memakai masker, jika melakukan aktivitas di luar rumah,” tandas Ihsan tersebut.

Untuk penyaluran BLT-DD di Desa Tumale kali ini, maka turut pula dihadiri Ketua BPD, Nomba Patandianan, Bhabinkamtibmas Aiptu Jumadi, PDP Kecamatan Ponrang, Ikhsan SE, Rina Ferawati dan Adriani Abbas SE selaku Pendamping Lokal Desa.

Termasuk Perangkat Desa Tumale yang ikut mengawal hingga proses penyaluran BLT-DD bulan Januari ini sampai berjalan dengan lancar dan tetap dalam memenuhi ketentuan physical distancing. ( Basnawir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed