oleh

Pemdes Poringan Tetapkan APBDes TA 2021, Dirangkai dengan Penyaluran BLT-DD

LUWU, NEWSTABLOIDSAR.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Poringan, Kecamatan Suli Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, menetapkan Anggagaran Pendapatan Desa (APDes)-nya untuk Tahun Anggaran 2021 mendatang. Sekaligus dirangkai dengan kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap IV dan V.

Adapun rapat penetapan APBDes TA 2021 tersebut digelar di Kantor Desa Poringan, Kamis (15/10 2020) yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa (Kades) Poringan,  Muhammad Kasman K. S.Sos dan disetujui secara aklamasi oleh semua anggota BPD Desa Poringan.

Baca Juga :

Melalui penetapan APBDes Desa Poringan TA 2021 ini, maka sebanyak 12 usulan tentang rancana program pembangunan yang disetujui, tersebar pada 6 dusun di desa tersebut. Antara lain seperti, rencana pembangunan infrastruktur jalan poros desa, jalan tani, rabat beton, jembatan dan pembangunan Pustu/Posyandu.

Hal ini disampaikan oleh Kades Poringan,  Muhammad Kasman pada awak Tabloid SAR.  “Jadi struktur APBDes kita itu adalah bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD) dan Bagian dari   Hasil Pajak   Daerah Kabupaten/Kota dan Retribusi Daerah, serta pendapatan sah desa lainnya,” urainya.

Menurutnya, bahwa prioritas utama pengalokasian APBDes kita pada tahun 2021 mendatang, masih menitik beratkan pada program pembangunan infrastruktur pedesaan. “Soalnya Desa Poringan ini merupakan desa terpencil, jadi itu yang kita sangat prioritaskan,”tutur Kasman.

Lanjut ia menyampaikan, kita sangat berharap pada tahun 2021 mendatang sudah tidak ada lagi BLT-DD, sehingga semua usulan program pembangunan yang sudah ditetapkan dalam APBDes ini dapat kita realisasikan. “Hal ini sudah menjadi harapan masyarakat di Desa Poringan ini,”tukasnya.

Selain itu, kata Kasman lebih lanjut, melalui rapat penetapan APBDes ini, maka kita juga rangkaikan dengan kegiatan penyaluran BLT-DD tahap IV dan V untuk diserahkan kepada 98 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). “Jadi ada penambahan 7 KPM, sebab pada tahap sebelumnya hanya sejumlah 91 KPM,”imbuhnya.

Lanjut ia menjelaskan, jika penyaluran BLT-DD pada tahap-tahap sebelumnya masing-masing KPM menerima Rp 600 ribu perbulan. “Namun tahap IV dan V ini, maka sesuai kebijakan pemerintah pusat untuk setiap KPM tinggal menerima Rp 300 ribu perbulan,”terangnya.

Harapan Kades Poringan tersebut, kiranya pembagian BLT-DD ini agar dapat meringankan beban ekonomi masyarakat yang sedang terpuruk akibat pandemi Covid-19 tersebut.

Pada kesempatan itu, Kasman tak lupa menghimbau masyarakatnya, supaya selalu disiplin dalam mengikuti protokol kesehatan. “Apalagi saat ini sedang digalakkan operasi yustisia Covid-19 dengan sanksi tindak pidana,” terangnya.

Menurut pantauan awak mendia Tabloid SAR, bahwa rapat penetapan APBDes Desa Poringan yang dirangkaikan dengan penyaluran BLT-DD Tahap IV dan VI ini, tampak dihadiri Ketua BPD dan para anggota BPD, Babinkamtibmas, aparat Pemdes dan para tokoh masyarakat serta warga dengan mengikuti protokol kesehatan. (Haryono)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed