oleh

Pemdes Libukang di Kabupaten Luwu Gelar Musdes RKPdes TA 2021

Luwu, NEWSTABLOIDSAR.com – Baru-baru ini pemerinah Desa (Pemdes) Libukang, Kecamatan Kamanre, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (sulsel) menggelar Musyarwarah Desa (Mudes) untuk membahas Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) Tahun Anggaran (TA) 2021.

Adapun Musdes tersebut digelar di Kantor Desa Libukang, pada Selasa (10/11/2020) lalu. Diikuti oleh Pemerintah Desa, Ketua dan para Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan unsur masyarakat yang terlibat didalamnya.

Baca Juga :

Tampak suasana Musdes RKPDes TA 2021 yang gelar di Kantor Desa Libukan, pada Selasa (10/11/2020) lalu.

Kepala Desa (Kades) Libukang, H.Hasanuddin dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Musdes RKPDes ini, sudah menjadi ketentuan dilaksankan setiap tahun, berdasarkan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

“Jadi tentunya mendasari hasil evaluasi pelaksanaan pembangunan tahun ini, sedangkan pada tahun 2021 mendatang, sehingga sudah menjadi prioritas kebijakan adalah berupa supra desa dan atau hal- hal yang karena keadaan darurat/bencana alam,” tuturnya..

Tentunya pula, lanjut Kades Libukang, maka melalui pelaksanaan Musdes RKPDes ini, sehingga diharapkan dapat menghasilkan rumusan dalam menentukan arah kebijakan pemerintah desa yang akan dilaksanakan pada tahun depan.

Kita pun sangat berharap, tuturnya lebih lanjut, agar rancangan usulan yang akan dituangkan dalam dokumen RKPdes untuk TA 2021 dapat ditetapkan melalui hasil musyawarah yang dilandasi deengan semangat kekeluargaan.

Lalu H.Hasanuddin menjelaskan sejumlah usulan yang sangat prioritas untuk jadi bahasan melalui Musdes RKPDes tersebut. Seperti usulan kegiatan bidang penyelenggaraan pemerintah desa, usulan kegiatan bidang pembangunan desa dan usulan kegiatan bidang pembinaan desa. Termasuk usulan kegiatan pemberdayaan masyarakat serta usulan kegiatan bidang penanggulangan bencana alam.

Harapan saya lagi, kata H.Hasanuddin lebih lanjut, khususnya memperhatikan usulan masyarakat, mengenai kebutuhan pembangunan yang dianggap sangat mendesak, supaya menjadi prioritas pembahasan melalui Musdes RKPDes ini.

Kita ingin Musdes ini, tambahnya, supaya dapat menjadi wadah rumusan yang bersifat akomodatif terhadap usulan perencanaan pembangunan yang bersumber dari aspirasi masyarakat desa. “Itu yang mesti jadi prioritas dalam membangun desa, melalui pemanfaatan Dana Desa agar sasaran,” terang Kades Libukang tersebut.

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi semua usulan. Selanjutnya seluruh peserta Musyawarah Desa Libukang menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa tersebut.

Adapun hasil kesepakatan rumusan Mudes terhadap masing-masing usulan warga dari 5 dusun di wilayah desa Libukang ini, sehingga ditetapkan perencanaan pembangunan draenase baik di Dusun Kalosi maupun di Dusun Tanete dan di Dusun Waetuo serta di Dusun Lalangkoli.

Selain itu, maka ditetapkan pula perencanaan pembangunan talud di Dusun Balo-Balo. Termasuk menyepakati usulan hasil rembuk stunting, berupa pengadaan alat tikar ukur, timbangan bayi serta makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita.

Makbul, selaku Pendamping Pemberdayaan Desa setempat, pada awak media ini, menyampaikan rasa syukurnya, sebab acara Musdes untuk membahas RKPDes 2021 mendatang, akhirnya dapat berjalan dengan tertip, aman dan lancar. (Rais)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed