oleh

Pasca Nurdin Abdullah Ditetapkan Tersangka, Kemendagri Langsung Tunjuk Andi Sudirman Jadi Plt Gubernur Sulsel

MAKASSAR, TABLOID SAR – Terjaringnya Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah melalui kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Sabtu dini hari (27/02/2021), terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi pada proyek infrastruktur di Sulsel tersebut.

Pada gilirannya membuat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) langsung menunjuk Wakil Gubernur (Wabgub) Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menjadi pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel.

Baca Juga :

Penunjukan dilakukan Kemendagri tersebut, pasca Nurdin Abdullah ditetapkan tersangka oleh institusi anti rasuah. Terkait kasus yang menyeret Gubernur Sulsel itu, maka turut pula ditetap kebagai tersangka, masing-masing Sekretaris Dinas PU-PR Sulsel, Edy Rahmat selaku penerima suap dan Direktur PT Agung Perdana Bulukumba, Agung Sucipto selaku pemberi suap.

Ketiganya ditetapkan sebagai tersangka pada dini hari ini, Minggu (28/02/2021), setelah melalui proses pemeriksaan oleh Tim Penyidik KPK. Saat ini ketiga tersangka tersebut telah menjadi tahanan lembaga super body tersebut, sebagai bentuk pertanggunjawaban di mata hukum.

Sedangkan adapun mengenai penunjukan Wagub Andi Sudirman Sulaiman menjadi Plt Gubernur Sulsel, dibenarkan oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik.

Pihaknya per hari ini Minggu (28/2/2021) akan langsung menugaskan Andi Sudirman Sulaiman untuk menggantikan Nurdin Abdullah yang tengah terseret kasus hukum.

“Andi Sudirman Sulaiman akan memegang kendali Pemprov Sulsel sampai ada putusan resmi dari pengadilan ihwal kasus yang membelit Gubernur Nurdin Abdullah tersebut,” beber Akmal Malik sebagaimana yang telah dirilis oleh berbagai media massa.

Hal tersebut, lanjut ia menyampaikan, jadi itu untuk memastikan roda pemerintahan di Pemprov Sulsel tetap berjalan. “Jadi itu merujuk pada ketentuan Pasal 65 UU 23 Tahun 2014, setelah Nurdin Abdullah ditahan, berarti tidak bisa melaksanakan tugas-tugasnya, sehingga Kemendagri menugaskan wakil gubernur sebagai pelaksana tugas,” paparnya.

Wagub Andi Sudirman Sulaiman sendiri mengaku sangat prihatin terhadap kasus yang sedang menimpa Gubernur Nurdin Abdullah tersebut. Ulasan berita terkait, lebih lengkapnya baca edisi cetak Tabloid SAR, dan akan dikemas dalam bentuk “Liputan Khusus.” (Abd Malik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed