Panen Padi Perdana pada Demplot Sahabat Biowin Digelar PT MPA di Desa Patengko, Luwu Timur

News225 views

Tabloid SAR -PT  Mandiri Palmera Agrindo (MPA), melalui program Sahabat Biowin yang berada di Desa Patengko, Kecamatan Tomoni Timur, Kabupaten Luwu Timur menggelar panen padi perdana di demplot Sahabat Biowin Senin, 27 November 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Timur,  mewakili Bupati Luwu Timur. Hadir pula  Camat Tomoni Timur, Kapolsek Tomoni Timur, Koordinator BPP Tomoni Timur, Kades Patengko dan jajaran Direksi PT MPA beserta sahabat-sahabat Biowin.

Direktur Utama PT MPA, Fredericus D Matorbongs dalam sambutannya mengemukakan, bahwa pihak perusahaannya tidak hanya berfokus kepada pengolahan TBS (Tandan Bua Segar). Namun juga mengembangkan produk turunan dari TBS, dengan mengolah limbah sawit menjadi pupuk organik yang diberi nama Biowin.

Menurutnya, bahwa produk pupuk organik Biowin ini telah dikembangkan sejak tahun 2020 lalu, untuk menjadi salah satu pupuk lokal yang mampu menjadi inspirasi di daerah kita ini. “Dimana bahan baku, tenaga kerja dan produksinya semua berasal dan dikelola di Luwu Timur ini,” kata Fredericus.

Lanjut Fredericus, pupuk organik Biowin tidak hanya menyasar tanaman padi, tetapi semua jenis tanaman pertanian dan perkebunan, bahkan untuk tanaman kakao dan kelapa sawit. “Jadi perusahaan  kami juga telah bekerjasama dengan pihak PT Mars dan PT La Tundrung,” ungkapnya.

Sedangkan  Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Timur, Amrullah Rasyid mewakili Bupati Luwu Timur, menyampaikan permohonan maaf bupati sebab tidak berkesampatan hadir pada kegiatan panen padi yang diprogramkan PT MPA ini.

Bupati Luwu Timur dalam sambutannya yang dibawakan oleh Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Timur tersebut, mengaku sangat mengapresiasi pihak PT MPA, karena telah melakukan terobosan-terobosan inofatif yang sangat membantu pemerintah daerah dalam menekan biaya produksi dan meningkatkan produktifitas pertanian di Kabupaten Luwu Timur ini.

Jadi hal ini, lanjut ia mengemukakan, maka tentunya sangat bersinegi dengan program pertanian berkelanjutan dan program pertanian yang sudah menjadi salah satu kebijakan prioritas Pemerintah Kaupaten Luwu Timur.

Pada kesempatan itu, Amrullah tak lupa juga menyarankan kepada  para penyuluh pertanian, untuk terus mengaplikasikan produk pupuk organik, salah satunya pupuk organik Biowin ini. “Kita sudah mestinya memprioritaskan penggunaan pupuk organik, demi meningkatkan kualitas produktifitas hasil pertanian yang sifatnya ramah lingkungan lingkungan,” terang Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Timur tersebut.

Salah satu petani Sahabat Biowin,  Andreas mengaku sangat bersyukur dengan adanya pupuk organik Biowin tersebut.

Ia lalu mengemukakan, bahwa sejak dirinya pertama kali menggunakan pupuk ini pada September 2022, tampak kualitas lahan semakin membaik dan biaya pupuk juga makin berkurang serta produktifitas hasil panen pun meningkat. Jadi atas dasar itula, sehingga saya berani mengajak para petani lainnya untuk beralih menggunakan pupuk organik Biowin ini.

“Terimakasih PT MPA, sekaitan dengan adanya pupuk organik Biowin itu, sehingga sangat membantu kami selaku petani untuk meningkatkan produktifitas hasil panen,” tutup salah satu petani di Desa Patengko ini. (Made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *