oleh

Lantaran Sudah Mulai Dibangun Jalannya, Warga Latimojong Sampaikan Rasa Syukurnya pada Bupati Basmin

LUWU, NEWSTABLOIDSAR.com – Warga di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu menyampaikan rasa syukurnya pada Bupati Luwu, H Basmin Mattayang. Lantaran dibangunkan jalan porosnya di wilayah terpencil pada kawasan pegunungan tersebut,  yang sangat minim mendapat perhatian dari pemerintah selama ini.

“Kami selaku warga di Kecamatan Latimojong menyampaikan rasa syukur pada Bapak Bupati  Basmin atas dibangunnya jalan poros di daerah kami ini. Hal ini, merupakan sebuah kebanggaan bagi kami kepada Bapak Bupati Basmin, sebab impian kami selama ini sudah dapat terwujud atas dibangunnya jalan poros di wilayah kecamatan kami ini,” kata sejumlah warga di kecamatan ini, begitu mereka menyapa Bupati Luwu tersebut.

Baca Juga :

Adapun salah satu warga Kecamatan Latimojong tersebut, mengaku bernama Yusuf. Sembari ia menyampaikan salam kepada Bupati Luwu, melalui awak media Tabloid SAR ini.

“Saya sebagai warga Desa Tolajuk, tidak pernah bermimpi sebelumnya, jika jalan poros di wilayah kecamatan kami ini, akan dibangun seperti ini apalagi selebar itu,” ucapnya pada awak media ini, Selasa (13/10/2020) lalu.

Yusuf lanjut menuturkan, jika dulunya naik motor saja setengah mati, apalagi jika naik motor ojek sangat mahal ongkosnya. “Kalau kita pergi menjual hasil-hasil pertanian sendiri ke kota, sewanya juga sangat mahal. Sekarang ini, kami baru akan menikmati kemerdekaan, dengan dimulainya pembangunan jalan paros di wilayah kecamatan kami ini,” tutur pensiunan guru tersebut.

Dikemukakannya lebih lanjut, walau jalannya baru tahap pelebaran, tapi sekarang sudah bisa dilalui mobil kijang avansa. “Bagaimana nantinya, kalau sudah dibangun dengan mulus. Sebab menurut informasi, bahwa jalan poros ini akan dibangun dengan konstruksi beton,” ungkap salah satu warga Kecamatan Latimojong itu.

Hal senada juga disampaikan Suprapto, salah satu petani yang ada di Desa Pajang, Kecamatan Latimojong. Ia pun merasa sangat bersyukur pada Bupati H Basmin Mattayan atas adanya pekerjaan jalan menuju ke daerahnya itu.

“Bagusmi jalan pak, luasmi juga, belumpi selesai dikerja ini jalan, nah sangat terasami bagi kami” ucapanya.

Suprapto mengakui, waktu jalan ini belum dikerja hasil kebunnya sangat sulit dimuat ke kota. Kemudian biaya angkutnya juga sangat mahal, sehingga kentungan dari hasil kebun atau pertanian lainnya hanya cukup untuk makan saja.

“Sebelum jalan ini dikerja, mahal sekali ongkos muat hasil-hasil bumi ke kota. Keuntungannya juga terkadang hanya bisa beli bahan makanan saja pak” begitu Suprapto mengenang atas beratnya transportasi ke daerahnya, sebelum jalan ini dikerja Pemerintah Kabupaten Luwu.

Apa yang dikemukakan oleh sejumlah warga Kecamatan Latimojong tersebut, dibenarkan oleh Kepala Desa Pajang, Nur Alam saat ditemui di kediamannya. Ia pun mengaku sangat bersyukur pada kepemimpinan Bupati  H Basmin Mattayang, sehubungan dengan dibangunnya jalan poros di wilayah kecamatannya itu.

“Kami selaku warga Kecamatan Latimojong dan Pemerintah Desa Pajang, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Bupati H Basmin Mattayang atas perhatiannya sangat besar, sehingga jalan poros di wilayah kecamatan kami ini, sudah mulai dibenahi pembangunannya,” kata dia.

Nur Alam lanjut mengatakan, bahwa walaupun jalannya belum selesai seratus persen dibangun, namun dampaknya sudah sangat dirasakan oleh warga. “Jadi kami sangat mengapresiasi atas adanya perhatian besar yang diberikan Bapak Bupati H Basmin Mattayang tersebut, walau baru setahun lebih menahkodai Pemerintah Kabupaten Luwu ini,” terangnya.

Menurutnya, sebelum jalan ini dikerjakan, kalau warga hendak membuat bangunan rumah permanen, toko bahan bangunan sangat enggan untuk mengantarkan bahan yang diorder warga di wilayah kami ini. “Namun sekarang kendaraan roda empat milik toko bahan bangunan sudah bisa mengantar sampai di depan rumah warga,” ungkapnya.

Lanjut ia menyampaikan, sebelumnya kalau kita beli bahan bangunan ongkosnya mahal sekali, karena kita hanya bisa sewa kendaraan, seperti mobil hardtop dan biasa juga sewa motor ojek, untuk mengangkut bahan tersebut agar bisa sampai di rumah.

Nur Alam juga berharap, semoga pembuatan jalan ini tidak punya hambatan, sehingga pengerjaannya bisa cepat selesai agar akses menuju ke daerah kami ini, bisa lebih mudah dan cepat dijangkau.

Kami selaku warga Latimojong, tambahnya, dengan direalisasikannya pembangunan jalan menuju wilayah kami ini.  “Semoga nantinya daerah kami ini, bisa lebih maju dan semakin berkembang lagi, setelah pekerjaan jalan ini sudah selesai,” pungkas Kepala Desa Pajang tersebut.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Luwu, Usdin Iskandar menjelaskan bahwa pembangunan jalan poros di Kecamatan Latimojong tersebut, itu dianggarkan sebesar Rp 24 miliar yang bersumber dari bantuan Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan.

“Jadi mengenai bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tersebut, itu karena adanya hubungan baik antara Bapak Gubenur Nurdin Abdullah dengan Bapak Bupati Basmin Mattayang,” ungkapnya.

Lanjut Usdin menjelaskan, bahwa dana bantuan sebesar Rp 24 miliar ini, diberikan Bapak Gubernur untuk digunakan apa saja oleh Pemerintah Kabupaten Luwu. “Akhirnya Bapak Bupati kita (H Basmin Mattayang –red), lebih memilih mengalokasikannya untuk pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Latimojong tersebut,” bebernya.

Jadi anggaran sebesar Rp 24 miliar ini, kata dia, itu merupakan kado khusus dari Bapak Bupati Basmin Mattayang untuk warga Kecamatan Latimojong. Sebab Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, sama sekali tidak mengalokasikan bantuan dananya ini untuk pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Latimojong.

“Kita harapkan nantinya setelah selesainya pembangunan jalan tersebut, bisa membuat daerah tersebut dapat lebih berkembang dan masyarakatnya bisa lebih sejahtera dari sebelumnya” terang Usdin Iskandar. (Absal/Ories)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed