oleh

KNPI Sulsel Berangkatkan Tim Relawan untuk Bantu Korban Gempa di Sulbar

MAKASSAR, Tabloid SAR – DPD KNPI Sulsel, berangkatkan sejumlah relawan untuk melaksanakan tugas kemanusian di wilayah Majene dan Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) yang dilanda bencana gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo.

Para relawan tersebut, terdiri dari Lembaga Kesehatan dan Lembaga Siaga Bencana KNPI Sulsel. Mereka diberangkatkan langsung oleh Ketua KNPI Sulsel, Muh. Arham Basmin pada Sabtu 16 Januari 2021 malam, sehari pasca gempa yang memporak-porandakan wilayah Majene dan Mamuju di Sulbar, Jumat 15 Januari 2021 dini hari.

Baca Juga :

Rombongan relawan KNPI Sulsel itu, tiba di lokasi bencana gempa pada Minggu 17 Januari 2021 pagi. Setibanya di lokasi bencana para relawan tersebut, langsung terjun membantu warga yang menjadi korban.

Menurut Ketua DPD KNPI Sulsel, Muh. Arham Basmin, dua lembaga yang diberangkatkan pada Sabtu 16 Januari 2021 malam itu, mempunyai tugas tersendiri, namun tujuannya tetap sama yakni untuk kemanusiaan.

“Alhamdulillah sejak dua hari lalu, dua lembaga di bawah naungan KNPI Sulsel itu, langsung terjun membantu mengevakuasi dan memberikan pelayanan kesehatan bagi warga Majene dan Mamuju yang menjadi korban gempa,” kata Arham saat dikonfirmasi via What’s App, Senin (18/1/2021).

Ia menambahkan, bahwa KNPI Sulsel memberangkatkan belasan orang dari Lembaga Kesehatan dan Lembaga Siaga Bencana.

“Ada belasan 12 orang yang kami berangkatkan, mereka merupakan pengurus KNPI Sulsel dan relawan,” sebut Arham.

Lebih lanjut, Arham menerangkan bahwa para relawan yang diberangkatkan ke Sulbar, juga membawa sembako, peralatan medis, obat-obatan dan berbagai perlengkapan lainnya.

“Jika memungkinkan, nantinya dua lembaga dan relawan KNPI Sulsel yang telah kami berangkatkan, juga akan melakukan trauma healing bagi anak-anak korban gempa,” terangnya.

Selain itu, putra sulung Bupati Luwu Basmin Mattayang tersebut, mengungkapkan harapannya agar apa yang relawan KNPI Sulsel lakukan di Sulbar dapat membantu meringankan beban para korban gempa.

“Semoga kehadiran tim relawan KNPI Sulsel di Sulbar dapat meringankan beban saudara-saudari kita yang tertimpa bencana di sana. Saya juga berpesan kepada para pengurus dan relawan KNPI Sulsel yang sedang menjalakan tugas kemanusiaan di Sulbar, agar tetap menjaga kesehatan. Mengingat mereka melaksanakan tugas di masa pandemi Covid-19,” kunci Arham Basmin, seraya berharap para relawan di lokasi bencana tetap menjalankan protokol kesehatan.

Ditempat terpisah, Ketua DPRD Sulbar, Suraidah Suhardi mengungkapkan rasa terimaksihnya kepada Ketua KNPI Sulsel atas kepeduliannya terhadap masyarakat Sulbar yang menjadi korban gempa bumi.

“Mewakili pemerintah Provinsi Sulbar, saya selaku Ketua DPRD Sulbar mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas ketanggapan Ketua KNPI Sulsel, Muh. Arham Basmin. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada kami yang menjadi korban gempa,” ujar Suraidah kepada sejumlah wartawan dari berbagai media, Senin (18/1/2021).

Penulis : Absal

Editor : William Marthom

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed