oleh

Kapolsek Ponrang Pimpin Opresi Yustisia Covid-19 di Padang Sappa

LUWU, NEWSTABLOIDSAR.com – Pihak Polsek Ponrang bersama unsur TNI dari Danramil 1403/04 Padang Sappa dan Satpol PP Kabupaten Luwu, menggelar opersi yustisia Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pada Sabtu (10/10/2020) lalu.

Hal tersebut untuk menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpers) Nomor 6 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati Luwu Nomor 107 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Baca Juga :

Adapun Tim Operasi Yustisia Covid-19 ini, dipimpin oleh Kapolsek Ponrang, Iptu Sadsali Kareba. Kepada awak media Tabloid SAR, ia menyampaikan bahwa pihak jajarannya bersama TNI dan instansi terkait sangat serius untuk melaksanakan Impres dan Peraturan Bupati Luwu, terkait dengan penegakan hukum terhadap protokol kesehatan sehubungan dengan Covid-19 ini.

Hal itulah, kata perwira polisi berpangkat dua balok tersebut, sehingga kita bersama teman-teman dari unsur TNI dari Danramil 1403/04 Padang Sappa dan Satpol PP Kabupaten Luwu, melakukan operasi yustisia Covid-19 pada saat ini.

“Jadi operasi yustisi ini akan rutin dilakukan dan kami sangat berharap akan timbul kesadaran masyarakat mengenai pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, jika beraktifitas di luar rumah,” tuturnya.

Selain itu, kata perwira pertama polisi yang dikenal ramah tersebut, juga meminta pada masyarakat agar pada setiap melakukan aktifitas di luar rumah, maka sangat diharapkan pula supaya senantiasa menjaga jarak, baik itu dalam bentuk social distancingdan physical distancing serta selalu mencuci tangan, sebagaimana yang telah diatur menurut ketentuan protokol kesehatan tersebut.

“Hal itu tak lain untuk memberi keselamatan kepada diri sendiri maupun keluarga tercinta di rumah agar dapat terhindar dari penularan covid-19,″ tambahnya.

Namun jelasnya, lanjut Sadsali, bahwa operasi yustisi ini bertujuan untuk lebih mendisiplinkan masyarakat, supaya senantiasa mematuhi protokol kesehatan. Adapun sasaran prioritas operasi ini adalah masker.

Untuk operasi yang dilakukan sekarang ini, katanya lagi, kita masih mengedepankan pendekatan yang bersifat humanis dan persuasif dalam mensosialisasikan Inpres dan Peraturan Bupati Luwu tersebut, khususnya bagi masyarakat di Kecamatan Ponrang dan Ponrang Selatan ini.

Mengenai operasi yustisia ini, sambung Sadsali, kita juga menyasar tempat-tempat keramaian, seperti sejumlah Cafe di Padang Sappa, salah satunya Cafe Dean. “Tentunya operasi ini akan berkelanjutan, selain untuk menyasar wilayah Kecamatan Ponrang, maka nantinya juga akan menyasar wilayah Kecamatan Ponrang Selatan,” tukasnya.

Jadi ke depan, kata Kapolsek Ponrang lebih lanjut, tentunya kita sudah akan menerapkan sanksi yang tegas berupa tindak pidana ringan  atau Tipiring bagi warga yang tidak menggunakan masker.

“Bagi warga yang tidak menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah, akan diberikan sanksi yang tegas dalam bentuk penegakan hukum yang bersifat Tipiring tersebut,” tandasnya.

Hal ini, lanjut ia menyampaikan, tak lain untuk mendisiplinkan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jadi kita sangat berharap melalui operasi yustisia ini, masyarakat dapat mencegar dirinya dari bahaya penularan Covid-19 tersebut,” terang Iptu Sadsali Kareba.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasi Ops Satpol-PP Kabupaten Luwu, Ilham SPi. Lalu ia menambahkan, bahwa operasi ini dilakukan tak lain untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 di Kabupaten Luwu, termasuk di Kecamatan Ponrang dan Ponrang Selatan ini.

“Adapun sarasan utamanya adalah tempat-tempat keramaian, seperti pasar, Cafe dan fasilias umum, untuk mencegah supaya tidak sumber klaster baru penularan Covid-19,” tuturnya.

Ilham kemudian mengajak kepada seluruh warga masyarakat Ponrang dan Ponrang Selatan dalam beraktifitas di luar rumah, untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi mari kita biasakan diri menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, sehingga dapat menekan dan mengendalikan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Luwu ini,” himbau Ilham mengakhiri komentarnya. (Basnawir)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed