Ibu Kota Morowali Utara, Kolonodale Miliki Banyak Pontensi Alam, Jika Dikembangkan Bisa Jadi Destinasi Wisata Nasional

  • Whatsapp

MOROWALI UTARA, Tabloid SAR – Ibu Kota Morowali Utara, terletak di Kecamatan Kolonodale, yang berada di sepanjang Teluk Tomini, dimana daerah itu, merupakan pemekaran dari Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Kota baru ini, memiliki banyak potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah. Kamis, 6 Desember 2018.

Meski baru berusia lima tahun namun, pendapatan daerah tersebut, disokong dari berbagai sektor, dan memiliki banyak potensi alam yang cukup menunjang, seperti, Pertambangan, Pertanian, Perkebunan, agro industri, Perikanan, dan berbagai macam potensi yang lainnya.

Bacaan Lainnya

Potensi yang dapat mendorong, mengangkat dan mengangkat nama daerah ini, adalah ke indahan alamnya, jika di kembangkan bisa menjadi destinasi wisata, dimana nantinya, bukan hanya pengunjung lokal saja, namun juga skala nasional bahkan international.

Terlihat sangat jelas akan panoramanya, yang begitu alami dan indah, ditambah pemandangan alam lautnya, yang melingkar didalam teluk, dikelilingi oleh deretan pegunungan, sehingga membuat mata tak bosan memandangnya, dari posisi manapun.

Uniknya lagi, laut yang membentuk lingkaran ini dilalui oleh berbagai, macam jenis armada laut, seperti Kapal pelayaran, kapal Pelni yang memiliki rute tetap, bisa langsung berlayar ke Pulau Bali serta beberapa pulau lainnya di Indonesia. Demikian pula kapal pelayaran ASDP yang menghubungkan Kota Kolonodale dengan daerah diseberang teluk Tomini, bahkan Kapal Tangker yang memuat BBM ke Depot Pertamina Kolonodale, yang juga masih daerah Kabupaten Morowali Utara.

Oleh keterangan seorang warga setempat, Haeruddin, yang akrab di panggil bapak Gani mengatakan, ” Daerah ini memang unik dari segi pemandangannya, apalagi teluk ini tidak begitu luas, dan disekelilingnya gunung, bahkan angin jarang bertiup kencang, sebagai pemicu ombak dilaut, sehingga laut kelihatan tenang, Itulah sebabnya banyak¬† masyarakat yang bermukim dipinggiran laut,” katanya

Selain itu, pemandangan dari kantor Bupati Morowali Utara ini, sangat memberikan nuansa yang nyaman karena posisinya berada, pada ketinggian yang berhadapan langsung  dengan Teluk Tomini, sehingga kita dapat menikmati suasana yang indah.

Penulis : A M Risaldy
Editor : Awi Celebes

Pos terkait