oleh

Hadapi Musim Tanam Padi, Camat Kamanre Hadiri Tudang Sipulung di Desa Bunga Eja

LUWU, Tabloid SAR – Dalam rangka menghadapi musim tanam padi pada April – September 2021. Hal tersebut, sehingga direspons oleh Pemerintah Desa Bunga Eja, Kecamatan Kamanre, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, melalui kegiatan Tudang Sipulung.

Adapun kegiatan Tudang Sipulung ini digelar di Aula Kantor Desa Bunga Eja pada Kamis (20/5/2021) dan dihadiri langsung oleh Plt Camant Kamanre dan juga dihadiri kepala Desa Wara dan sejumlah pihak pejabat dan petugas terkait di lingkup Dinas Pertanian Kabupaten Luwu.

Kepala Desa Bunga Eja, Nasir Napeng dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Tudang Sipulung ini, selain sebagai ajang silaturahim petani sawah juga untuk  saling memaafkan di tengah suasana perayaan Idul Fitri 1442 H/2021 M .ini Tentunya pula untuk bermusyawarah dalam menghadapi musim tanam padi yang sedang kita agendakan sekarang ini.

Mengingat kita selaku umat Islam baru saja dilaksanakan perayaan Idul Fitri, sehingga Kepala Desa Bunga Eja tersebut, tak lupa menyampaikan permohonan maafnya di hadapan hadirin, jika selama ini ada hal-hal yang tidak berkenan.

“Saya selaku Kepala Desa Buga Eja dan atas nama pribadi beserta keluarga, menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, apabila ada hal-hal yang tidak berkenan baik itu dalam bentuk ucapan maupun itu dalam bentuk tindakan apapun, terlebih lagi dalam bentuk kebijakan yang saya lakukan selama ini,” tutur Nasir Napeng.

Lanjut ia berharap agar melalui kegiatan Tudang Sipulung ini, kita menjalin musyawarah untuk mencari solusi yang terbaik melalui semangat kekeluargaan dalam menghadapi musim tanam padi sekarang ini. “Apalagi semua warga Bunga Eja ini merupakan keluarga semuanya,” tukasnya.

Tentunya pula, kata  Nasir Napeng lebih lanjut, bahwa melalui semangat kebersamaan dan keteraturan di tengah menghadapi musin tanam padi ini, atas berkah dari Allah SWT semoga nantinya dapat pula menghasilkan panen yang milimpah.

Tampak suasana kegiatan Tudang Sipulung di Aula Kantor Desa Bunga Eja, untuk memusyawarakan jadwal musim tanam padi.

Sedangkan Plt Camat Kamanre, Ambo Tuo dalam sambutannya pun tak lupa mengucapkan “Minal Aidin Walfaidzin” sebagai bentuk ucapan permohonan maaf lahir bathin, sehubungan dengan perayaan Idul Fitri tahun 2021 ini.

Ambo Tuo lanjut mengemukakan, bahwa tujuan dari Tudang Sipulung ini digelar untuk menghadapi waktu musim tanam yang berpatokan pada kondisi pengairan dan cuaca sebelum turun sawah.

Menurutnya, manfaat dari kegiatan ini untuk mempersiapkan musim tanam yang nantinya bisa dimaksimalkan, khususnya untuk memproyeksikan produksi padi. “Kita sangat berharap agar hasil musyawarah Tudang Sipulung ini dapat menjadi rujukan dalam menghadapi musim tanam padi yang akan dilaksanakan ini,” terang Plt Camat Kamanre tersebut.

Untuk diketahui, bahwa adapun jadwal musim tanam padi yang dihasilkan melalui kegiatan Tudang Sipulung ini, berikut :

  1. Untuk Desa Wara ditetapkan mulai tanggal 27 Mei – 15 Juni 2021.
  2. Untuk Desa Bunga Eja ditetapkan mulai tanggal 13Juni – 30 Juni 2021.
  3. Untuk Desa Tabbaja dan Kelurahan Cilallang ditetapkan mulai tanggal 16 Juni– 7 Juli  2021. (Rais)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed