oleh

Gunakan Anggaran Rp 12 Miliar Lebih, Pemkab Luwu Benahi Infrastruktur Jalan Lingkungan Pedesaan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Luwu, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) lagi membenahi sejumlah sarana infrastruktur dalam bentuk program kegiatatan pembangunan jalan lingkungan pedesaan.

Khusus melalui proram kegiatan tersebut Pemkab Luwu memperoleh kucuran anggaran dari pihak pemerintah pusat sebesar Rp 12 miliar lebih, sebagaimana yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAU) Tahun Anggaran 2020 ini.

Baca Juga :
Kabid Jasa Konstruksi Dinas PU-PR Kabupaten Luwu, Yusuf Kaya ST.

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Jasa Konstruksi Dinas PU-PR Kabupaten Luwu, Yusuf Kaya ST pada media ini, Jumat (13/11/2020) di ruang kerjanya. “Jadi mengenai nilai anggaran sebesar tersebut, saya sendiri selaku PPK (Pejabat Pembuat Komitmen)-nya,” ucapnya.

Alansannya, sebab terdapat pula beberapa rekan-rekan PPK lainnya yang juga menangani sejumlah paket kegiatan infrastruktur di lingkup Dinas PU-PR Kabupaten Luwu ini.

Salah satu kegiatan pembangunan rabat beton di Desa Tana Rigella Kecamatan Bua yang sudah selesai pelaksanaan fisiknya.

Kata Yusuf lagi, adapun kegiatan infrastruktur yang saya tangani tersebut sejumlah 52 paket yang tersebar di sejumlah desa di Kabupaten Luwu ini. “Jadi hanya khusus untuk membenahi infrastruktur jalan lingkungan pedesaan,” imbuhnya.

Lanjut ia menjelaskan, bahwa ke 52 paket tersebut terdiri dari empat jenis kegiatan, yakni pembentuan atau pelebaran jalan, pengkrikilan jalan dan pembangunan rabat beton. “Sedangkan mengenai progres kerjanya, keseluruhannya sudah hampir selesai,” tuturnya.

Sedangkan Kepala Dinas PU-PR Kabupaten Luwu, Drs Ridwan Tumbalolo MSi mengemukakan, atas direalisasikannya paket-paket kegiatan ini, maka itu sudah menjadi salah satu arah kebijakan Bapak Bupati H Basmin Mattayang yang memang sangat memprioritaskan pembenahan infrastruktur jalan hingga ke pedesaan.

Ia pun menambahkan, tentunya untuk memperlancar distribusi hasil-hasil produksi produksi petani ke pasar dalam meningkatkan pendapatannya.

“Karena adanya sarana jalan, maka sebagai salah satu solusi untuk dapat mendorong kesejahteraan hidup masyarakat hingga di pedesaan,” pungkasnya. (Infotorial/LW-PU/T-SAR/Redaksi)

Salah satu kegiatan pengkrikilan jalan di Desa Padang Kalua, Kecamatan Bua yang sudah selesai pelaksanaan fisiknya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed