Dinas Pariwisata Tana Toraja Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya

  • Whatsapp
Sekda Tana Toraja, Semuel Tandebura didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja, Rosita Napa Biringkanae saat membuka secara resmi Pelatihan Pemandu Wisata Budaya.

TORAJA, Tabloid SAR – Pemerintah Kabupaten Tana Toraja (Tator) melalui Dinas Pariwisata Tana Toraja, menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya di kantornya, Jalan Pongtiku No. 120 Pantan, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan,   Selasa (15/6/2021).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja, Rosita Napa Biringkanae dalam sambutannya mengatakan, Pelatihan Pemandu Wisata Budaya merupakan program Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Dinas Pariwisata Tana Toraja.

“Sebenarnya kegiatan ini, adalah program Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sementara Dinas Pariwisata Tana Toraja hanya menjadi pelaksana kegiatannya. Para peserta pelatihan merupakan keterwakilan dari 15 Tongkonan yang ada di wilayah Kabupaten Tana Toraja,” kata Rosita.

Selain itu, Rosita menerangkan bahwa keberadaan pemandu wisata, memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan sektor pariwisata di suatu daerah termasuk di Kabupaten Tana Toraja.

“Oleh karena itu, pemandu wisata perlu diberi stimulasi perkembangan pariwisata khususnya pada prioritas pengembangan SDM sesuai keunggulan yang dimiliki, berdasarkan arah dan kebijakan yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” terangnya.

Sejumlah narasumber dihadirkan oleh pihak penyelenggara dalam kegiatan tersebut, diantaranya Kepala Dinas Kebudayaan Tana Toraja Bonifasius Paundanan, serta Penggiat Budaya, Sismay Eliata Tulung Allo.

Dalam kegiatan ini, Sismay selaku narasumber menjelaskan, bahwa pemandu wisata merupakan profesi mendampingi, mengatur penjalanan dan memberi penjelasan kepada wisatawan mengenai tempat yang dikunjungi.

“Sehingga seorang pemandu wisata, harus mampu menjelaskan arti budaya. Misalnya, menjelaskan apa arti dan fungsi rumah adat Toraja dari segi sosial, budaya, dan adat,” jelasnya.

Sebagai informasi, pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Sekda Tana Toraja, Semuel Tandebura didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja, Rosita Napa Biringkanae.

Turut dalam acara pembukaan kegitan tersebut, Ketua Komisi 1 DPRD Tana Toraja, Stefanus Maluangan dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD), Yulius Tandirerung.

Editor : William Marthom

Pos terkait