oleh

Dinahkodai Sutrisno, SMA Kristen Rantepao Raih Sejumlah Prestasi Gemilang

TORUT, Tabloid SAR – SMA Kristen Rantepao adalah salah satu sekolah swasta yang menjadi sekolah favorit di Rantepao Ibukota Kabupaten Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pasalnya, SMA Kristen Rantepao selain memiliki fasilitas yang lengkap juga bermutu dan unggul, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Bahkan sejumlah prestasi gemilang berhasil diraih beberapa tahun terakhir dalam pertandingan olahraga dan seni, termasuk pada lomba bidang akademik.

Hal tersebut, diungkapkan Kepala SMA Kristen Rantepao, Sutrisno, S.Pd, M.Pd, saat ditemui wartawan Tabloid SAR di ruang kerjanya, Selasa (13/04/2021).

Menurut, Sutrisno semenjak dirinya dipercayakan menjadi Kepala SMA Kristen Rantepao, dirinya selalu berupaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di sekolah yang dinahkodainya.

“Kami juga selalu mengikut-sertakan anak didik kami dalam berbagai macam lomba atau event. Salah satu tujuannya adalah supaya anak didik kami mempunyai rasa percaya diri dalam berkompetisi secara konsisten,” kata Sutrisno.

Karena, sambung Sutrisno, jika jam terbang para siswa dalam mengikuti lomba terus ditingkatkan, maka seiring berjalannya waktu mereka akan semakin meningkat kompetensinya sesuai event yang diikutinya.

“Sebab latihan dan pembekalan khusus dari para guru yang menjadi pendamping atau instruktur dalam persiapan mengikuti lomba, akan banyak menambah wawasan dan skil para kompetitor asal sekolah kami,” tambahnya.

Selain itu, Sutrisno menyebutkan, pada mei 2019 lalu, salah satu peserta didiknya mengikuti seleksi tingkat nasional pada lomba matematika robotik.

“Pada event ini, anak didik kami berhasil meraih juara 3 dan mendapatkan medali perunggu. Siswa kami yang lolos pada tingkat nasional, berhasil mewakili Indonesia ke Singapura untuk mengikuti lomba matematika robotik tingkat internasional. Siswa kelas 2 kami itu, berhasil menjadi Best For Mens (Terbaik untuk Pria) dari panitia penyelenggara di Singapura,” sebutnya.

Ia menambahkan, pada tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 60 orang alumni SMA Kristen Rantepao berhasil melanjutkan studinya pada sejumlah perguruan tinggi unggulan di Indonesia.

“Yang kuliah di Makassar, ada yang masuk UNHAS dan UNM dengan beasiswa. Sebagian juga keperguruan tinggi ternama lainnya di luar Sulsel, seperti ke Menado, Palu, Kendari dan Pulau Jawa, serta Papua,” ujar Sutrisno.

Lebih lanjut, Kepala SMA Kristen Rantepao menerangkan, pada tahun 2020 lalu salah satu siswanya mengikuti lomba seni LSN2N tingkat provinsi.

“Puji Tuhan, siswa kami berhasil mendapatkan juara 1 tingkat provinsi untuk kategori  solo putra. Karena juara 1 tingkat provinsi, maka siswa kami itu, mewakili Provinsi Sulsel ketingkat nasional pada lomba seni LSN2N tingkat nasional tahun 2020,” terang Sutrisno.

Pada kesempatan ini pula, Sutrisno menjelaskan pula jika ada dua anak didiknya yang berhasil mewakili Kabupaten Torut dan Provinsi Sulsel pada tingkat nasional sebagai Duta Lingkungan Tahun 2020.

“Untuk Duta Lingkungan kategori putra, siswa kami mewakili Provinsi Sulsel pada tingkat nasional. Sedangkan untuk kategori putri, siswi kami mewakili Kabupaten Torut pada tingkat provinsi,” kuncinya.

Penulis : Ely Malino

Editor : William Marthom

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed