Dengar Laporan Hasil Reses DPRD Lutim, Bupati Budiman Tegaskan Komitmen Akomodir Aspirasi Masyarakat

  • Whatsapp
Dari kiri kekanan : Bupati Lutim, H. Budiman Hakim dan Wakil Ketua II DPRD Lutim, Usman Sadik bersama Pimpinan DPRD Lutim mengikuti Rapat Paripurna Masa Sidang ke-3 Tahun Sidang 2020/2021 dengan agenda mendengarkan Laporan Hasil Reses Perseorangan Anggota DPRD Lutim saat mengunjungi Dapil masing-masing di Ruang Sidang DPRD Lutim, Kamis (29/07/2021).

LUTIM, Tabloid SAR – DPRD Kabupaten Luwu Timur (Lutim) menggelar Rapat Paripurna Masa Sidang ke-3 Tahun Sidang 2020/2021 di Ruang Sidang DPRD Lutim, Kamis (29/07/2021).

Wakil Ketua II DPRD Lutim, H. Usman Sadik yang memimpin rapat tersebut, mengatakan bahwa tujuan rapat ini dilaksanakan untuk merangkum seluruh aspirasi masyarakat Lutim yang nantinya akan disampaikan kepada Pemerintah Daerah (Pemda).

“Agenda rapat paripurna pada hari ini adalah mendengarkan laporan hasil reses perseorangan Anggota DPRD Lutim saat mengunjungi Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing, dalam rangka menampung dan menyerap aspirasi dari masyarakat,” kata Usman dalam sambutannya saat membuka rapat paripurna tersebut.

Setelah rapat dibuka secara resmi, Usman yang memimpin paripurna ini, mempersilahkan Anggota DPRD Lutim yang dipercayakan menjadi juru bicara (Jubir) dari Dapilnya untuk menyampaikan laporan hasil resesnya masing-masing, mulai dari kegiatan yang dilaksanakan selama masa reses, termasuk masukan dan aspirasi masyarakat, hingga kesimpulan dan saran.

KH. Suardi Ismail dari Dapil I Lutim meliputi wilayah Kecamatan Malili dan Angkona yang dipercayakan sebagai Jubir Dapil I, mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan laporan hasil resesnya. Kemudian disusul, Sarkawi A. Hamid dari Dapil II yang meliputi wilayah Kecamatan Burau dan Wotu.

Setelah itu, dilanjutkan Wahidin Wahid selaku Jubir dari Dapil III meliputi wilayah Kecamatan Mangkutana, Tomoni, Tomoni Timur dan Kalaena. Terakhir hasil reses Anggota DPRD Lutim dari Dapil IV yang meliputi wilayah Kecamatan Nuha, Towuti dan Wasuponda disampaikan oleh Semuel Kandati.

Secara umum dalam laporan hasil reses yang disampaikan para Jubir masing-masing Dapil berisi permintaan dan keluhan, diantaranya pembangunan maupun perbaikan infrastruktur jalan, sarana dan prasarana fasilitas pelayanan publik, serta permintaan bantuan Alsintan (alat mesin pertanian).

Usai mendengarkan penyampaian laporan hasil reses Anggota DPRD Lutim yang dibacakan oleh para Jubir masing-masing Dapil, Bupati Lutim, H. Budiman Hakim menegaskan pihaknya berkomitmen untuk mengakomodir aspirasi masyarakat Lutim.

“Laporan hasil reses Anggota DPRD Lutim yang telah dilaksanakan di Dapilnya masing-masing, bertujuan untuk menerima aspirasi masyarakat. Hal itu merupakan salah satu bentuk tanggung jawab bersama DPRD dan Pemda, dalam menjawab berbagai kebutuhan maupun permasalahan yang dihadapi masyarakat,” kata Budiman di depan seluruh Anggota DPRD Lutim yang hadir dalam paripurna tersebut.

Selain itu, kata Budiman, laporan hasil reses para wakil rakyat juga sebagai masukan bagi Pemda Lutim dalam rangka penyusunan kebijakan.

“Hasil reses para dewan yang terhormat sebagaimana yang telah disampaikan oleh para Jubir masing-masing Dapil, akan menjadi perhatian kami dari pihak eksekutif. Nantinya akan kita upayakan masuk pada APBD Perubahan Tahun 2021, dan tentunya itu akan kita sesuaikan berdasarkan skala prioritas RPJMD,” ujarnya.

Lebih lanjut, Budiman menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingganya kepada segenap anggota DPRD Lutim atas kerjasamanya selama ini dengan Pemda Lutim.

“Atas nama Pemda Lutim, kami mengucapkan terima kasih kepada para anggota dewan yang terhormat karena selama ini dapat bekerjasama dengan baik dan menjadi mitra kami dalam membangun daerah yang sama kita cintai,” tandasnya.

Editor : William Marthom

Pos terkait