Camat Belopa Utara Telah Programkan untuk Berkantor pada Setiap Kantor Desa dan Lurah

Aktivs LSM : Irwan Ismail  SE Merupakan Sosok Birokrat yang Sangat Merakyat

LUWU, Tabloid SAR – Direktur Eksekutif Aktivis Pembela Arus Bawah, Rahmat K Foxchy, beberapa waktu lalu menyempatkan diri untuk menyambagi Camat Belopa Utara, Irwan Ismail SE di Rumah Jabatan (Rujab)-nya.  Tepatnya di samping belakang kantor Camat Belopa Utara, atau depan Rujab Bupati Luwu, Jalan Trans Sulawesi, Kelurahan Pammanu, Belopa Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Di hadapan aktivis LSM yang dikanal banyak mengungkap kasus korupsi selama ini, Camat Belopa Utara tersebut mengemukakan telah memprogramkan untuk  berkantor pada setiap kantor desa dan lurah. “Hal ini sudah menjadi agenda program saya, tak lain untuk lebih mendekatkan sistem pelayanan pemerintahan di tengah masyarakat desa,” ucap Ismail.

Lanjut Ismail mengemukakan, apalagi di wilayah Kecamatan Belopa ini, terdapat sejumlah Rujab para pemimpin Kabupaten Luwu, yakni Rujab Bupati, Rujab Wakil Bupati dan Rujab Ketua DPRD serta Wakil Ketua I dan Wakil II DPRD, termasuk Rujab Sekda.

Jadi sebagai camat, tuturnya lebih lanjut, saya harus lebih bisa menunjukkan pelayanan di tengah masyarakat, khususnya untuk mendorong terjaganya situasi Kamtibmas agar senantiasa dalam kondisi yang kondusif.

Menurutnya, jadi hal itulah sehingga saya senantiasa berkoordinasi dengan unsur Forkopimcam yakni pihak Polsek dan pihak Koramil selaku pilar demokrasi di tingkat Kecamatan Belopa Utara, untuk senantiasa turun mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya memupuk kebersamaan untuk senantiasa mewujudkan Kamtibmas yang bersifat kondusif.

Jadi hal itu pulalah, lanjut mantan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Belopa Utara itu menjelaskan, sehingga saya  memprogramkan untuk berkantor secara bergiliran pada setiap kantor desa dan lurah. “Selain itu, tentunya untuk mendorong sistem pelayanan publik yang prima di tingkat pemerintah desa dan kelurahan. Terlbih untuk memotivasi masyarakat agar selalu patuh membayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan). Termasuk untuk menumbuhkan  semangat kehidupan gotong royong di tengah masyarakat,” paparnya.

Direktur Eksekutif Aktivitas Pembela Arus Bawah, Rahmat K Foxchy (kiri) dengan Camat Belopa Utara, Irwan Ismail SE di Rujab Camat Belopa Utara.

Insyah Allah, lebih lanjut Irwan Ismail menyampaikan, kita di Kecamatan Belopa ini akan menargetkan pelunasan PBB secara tepat waktu,  hal itu sudah menjadi program prioritas kita selama saya masih dapat dipercaya untuk memimpin Kecamatan Belopa Utara ini.

Apalagi, sambungnya, dalam rangka mendung program Kabupaten Sehat di bawah kendali Ibu Bupati selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu, demi tercapainya kondisi Kabupaten Luwu untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman dan sehat.  “Tentunya kami selaku Pemerintah Kecamatan Belopa Utara, maka harus pula mampu untuk memotivasi semangat kegotongroyongan masyarakat, demi menyukseskan program Kabupaten Sehat tersebut,” kata mantan Lurah Pammanu ini.

Hal-hal itulah semua, kata Irwan Ismail lagi, sehingga saya telah memprogramkan untuk berkantor secara bergiliran pada setiap kantor desa dan kelurahan. “Jika Saya tidak masuk berkantor di kantor Camat Belopa Utara ini, berarati saya sedang berakntor di salah satu kantor desa atau di kantor Kelurahan Pammanu, jika tidak ada kegiatan urgent di kantor camat dan pada tingkat kabupaten atau kegiatan pemerintahan lainnya,” ucapnya.

Seusai berdialog, Camat Belopa Utara, Irwan Ismail SE (kanan) foto bersama dengan Direktur Eksekutif Aktivitas Pembela Arus Bawah, Rahmat K Foxchy.

Lanjut ia mengemukakan, jadi itu kita sudah berbagi tugas dengan Pak Sekcam menurut Tupoksi masing-masing demi lancarnya penyelenggaraan pemerintah dan memparipurnakan pelayanan terhadap masyarakat di Kecamatan Belopa Utara ini.

Lebih lanjut Irwan Ismail menyampaikan,  jadi Pak Sekcam itu fokusnya untuk menangani sistem administrasi pemerintahan dan melayani masyarakat di kantor camat. Kecuali dalam hal-hal kebijakan pemerintah kecamatan yang bersifat urgen yang bukan domain Tupksinya Pak Sekcam, maka itu tetap menjadi tanggungjawab saya sebagai camat.

Olehnya itu, ia pun menjelaskan, jadi kadang-kadang surat-surat resmi pemerintahan yang sudah menjadi tanggungjawab camat, saya tanda tangani jika saya sedang berkantor di salah satu kantor desa atau di kantor lurah, sebagai upaya untuk mengoptimalisasi sistem pelayanan publik.

Ia pun mengemukakan, jadi semua staf atau pegawai ada di kantor Camat Belopa Utara ini, sudah dipola kinerjanya menurut Tupoksinya masing-masing agar mampu menjawab setiap dinamika yang berkembang, bagaimana seharusnya memberikan layanan terbaik pada masyarakat. ”Jadi itu sudah menjadi tanggungjawab kita, untuk memaksimalkan kehadiran pemerintah di tengah masyarakat,” tandas Camat Belopa Utara tersebut.

Sedangkan  aktivs LSM yang lebih akrab disapa Bang Ories ini, mengaku sangat mengapresiasi program kerja Pak Irwan Ismail selaku Camat Belopa Utara  sebagai  sosok birokrat yang sangat merakyat.

“Mengenai adanya program kerja Camat Belopa Utara untuk berkantor pada setiap kantor desa dan luurah, sangat kita apresiasi sebab lebih mendekatkan pelayanan pemerintah pada masyarakat,  sekaligus mencerminkan sebagai sosok berokrat yang sangat merakyat,” ucap Bang Ories dan juga merupakan owner Tabloid SAR ini.

Saya pikir, tambanya, bahwa inovasi terhadap sistem pelayanan publik seperti ini, sangat patut untuk dijadikan sebagai role model bagi camat lainnya untuk lebih mendekatkan sistem pelayanan pemerintahan di tengah masyarakat. “Apalagi posisi camat merupakan ujung tombak untuk dituntut senantiasa menghadirkan pemerintahan di tengah masyarakat,” pungkas Direktur Eksekutif Aktivis Pembela Arus Bawah tersebut. (M Rais)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *