oleh

Bimtek SDGs, 12 Desa di Basse Sangtempe Menyatu

SARNEWS – Bimbingan Teknis (Bimtek) Sustainable Developmen Goals (SDGs) terus dilanjutkan. Meski dalam suasana Ramadan, 12 desa dari Basse Sangtempe (Bastem) tampak semangat melaksanakan giat tersebut di Hotek Harapan Kota Palopo.

Sabtu, 17 April 2021, bimtek SDGs itu dihadiri Camat Bastem, Samsudding SPd, Tenaga Ahli pengembangan Ekonomi Desa (T.A.PEN), Hasbir Hawid, Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar P3MD Kabupaten Luwu, Muh. Said Rasyid, para pendamping desa, dan juga kelompok kerja (pokja).

Juga, seluruh kepala desa di Bastem turut hadir masing-masing kepala Desa Kanna Utara , Desa Sinaji, Desa Andulan, Desa To’Long, Desa Tabi,Desa Ledan, Desa Bolu, Desa Mapetajang, Desa Lage, Desa Kanna, Desa Buntu Batu, dan Desa Lissaga.

Camat Basse sangtempe, Samsudding SPd mengharapkan kepada setiap Pokja relawan pendataan agar dapat mempertanggungjawabkan setiap kinerjanya di lapangan.

“Tentu, seluruh relawan yang sudah terpilih adalah orang yang bertanggung jawab dari setiap desa, dan juga dianggap mampu dalam hal pendataan. Untuk itu kirinya dalam melaksanaan pendataan, dapat menunjukkan kinerja baik,” katanya.

Dijelaskan Camat Bastem, kedepan hasil pendataan dilapangan untuk mengarahkan pembangunan yang berkelanjutan. Dimana, output yang diharapkan bisa tercapai.

Muh. Said Rasyid ST, Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar P3MD Kab. Luwu (Bimtek) (SDGs)Desa memberikan materi kepala relawan.

Disebutkannya, itu seperti mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk dan dimanapun, mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan nutrisi yang lebih baik dan mendukung pertanian berkelanjutan, memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia, memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua.

Dilanjutkannya, arahnya juga akan kepada pencapaian kesetaraan gender, memastikan ketersediaan air bersih, memastikan akses terhadap energi yang terjangkau, dapat diandalkan, berkelanjutan dan modern bagi semua, mendukung pertumbuhan ekonomi, membangun infrastruktur yang tangguh, mendukung industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan dan membantu perkembangan inovasi.

“Pada intinya, banyak hal yang ingin dicapai dari pendataan ini. Itulah mengapa, semua haru serius. Sebab, dengan baiknya apa yang dilaksanakan hari ini, akan berdampak kebaikan yang sangat besar di masa mendatang, dan tentu apa yang dicapai di masa depan adalah peran-peran kita semua,” ujarnya.

Sementara itu, pemerintah desa juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pendamping desa yang hadir. Sebab, peran pendamping desa selama ini sangat membantu pemerintah.

“Pun dalam hal pelaksanaan bimtek SDGs ini, pendamping desa selalu bekerja baik dalam hal pendampingan. Terkait dengan relawan yang sudah dibentuk, kita berharap bisa menyajikan data yang akurat. Sebab, dari data itulah kemudian dapat dirumuskan arah kebijakan pembangunan di desa,” papar kepala Desa Sinaji. (Herman)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed